Rosela dan Serai Wangi Muaraenim Primadona Baru Produk Rempah Unggulan Sumsel

Gubernur Sumsel H Herman Deru, Ketua TP PKK Provinsi Sumsel, Hj Febrita Lustia Deru, dan Ketua TP PKK Muaraenim, Dra Hj Nurhilyah Juarsah mencoba teh bunga rosela.

Muaraenim, Sumselupdate.com – Selain kaya akan sumber daya mineral, batubara dan pertanian, ternyata di sektor perkebunan Kabupaten Muaraenim juga menyimpan kekayaan rempah yang belum banyak dikenal orang, yaitu teh bunga rosela dan minyak serai wangi. Hal ini dibuktikan dalam Festival Rempah Sumatera Selatan 2020.

Kali ini, Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Muaraenim yang diketuai oleh Dra Hj Nurhilyah Juarsah mengangkat kedua produk rempah khas Kabupaten Muaraenim tersebut untuk ditampilkan di hadapan Gubernur Sumsel H Herman Deru dan Ketua TP PKK Provinsi Sumatera Selatan, Hj Febrita Lustia Deru.

Bacaan Lainnya

Tampak Gubernur Sumsel dan ketua TP PKK Provinsi Sumsel mencoba teh rosela dan minyak serai wangi dari produk kemasan rumah tangga binaan TP PKK Kecamatan Lawang Kidul ini.

Pada festival yang diikuti oleh 17 kabupaten/kota se-Sumatera Selatan yang dibuka Sabtu (24/10/2020), Gubernur dan TP PKK Sumsel menyempatkan diri mengunjungi tenda pameran Kabupaten Muaraenim yang diterima oleh Ketua TP PKK Muaraenim Hj Nurilyah dan Plh Sekretaris Daerah (Sekda), Amrullah Jamaluddin, SE.

Seusai meninjau dan mencicipi produk yang dipamerkan, Gubernur Sumsel menerangkan teh rosela dan minyak serai wangi dari Kabupaten Muaraenim ini memiliki kekhasan yang jarang sekali muncul di pasaran sehingga peluang usahanya sangat menjanjikan.

Ketua TP PKK Muaraenim, Dra Hj Nurhilyah Juarsah berfoto bersama di dalam kegiatan Festival Rempah Sumatera Selatan 2020.

“Kita yakin jika dikemas dan dipasarkan dengan tepat, maka kedua produk rempah khas Muaraenim ini akan menjadi ikon dan primadona baru produk rempah unggulan Sumatera Selatan,” ungkap HD sapaan akrab Gubernur Sumsel ini.

Sementara itu, Plh Sekda, Amrullah Jamaluddin, SE mengharapkan agar potensi rempah unggulan Kabupaten Muaraenim dapat mendongkrak perekonomian masyarakat, tidak hanya petani tapi juga bermunculan industri olahan rumah tangga.

“Besar harapan kita dengan adanya produk unggulan baru asal Kabupaten Muaraenim ini dapat mendongkrak perekonomian masyarakat, tidak hanya petani tapi juga bermunculan industri olahan rumah tangga juga,” harapnya.

Sedangkan Ketua TP PKK Kabupaten Muaraenim menyampaikan pada festival ini TP PKK Kabupaten Muaraenim berhasil mendapatkan penghargaan sebagai Juara 2 Program Penyuluhan Pola Asuh Anak dan Remaja.

Juara Harapan 2 Program Upaya Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) dan Lomba IVA tes deteksi dini penyakit rahim tingkat Provinsi Sumsel.

“Alhamdulillah pada festival kali ini kita berhasil mendapatkan sejumlah juara diantaranya mendapatkan penghargaan sebagai Juara 2 Program Penyuluhan Pola Asuh Anak dan Remaja, Juara Harapan 2 Program Upaya Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) dan Lomba IVA tes deteksi dini penyakit rahim tingkat Provinsi Sumatera Selatan,” pungkasnya. (dan)

 

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.