Resmi, Portugal dan Spanyol Ajukan Diri Sebagai Tuan Rumah Piala Dunia 2030

Spanyol, Sumselupdate.com – Portugal dan Spanyol secara resmi mengajukan diri sebagai tuan rumah Piala Dunia 2030, setelah desas-desus yang beredar sejak pekan lalu.

“Pemerintah Spanyol dan Portugal ingin mengungkapkan keinginan dan komitmen untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia 2030,” demikian bunyi kesepakatan yang diparaf oleh Perdana Menteri Portugal Antonio Costa dan Perdana Menteri Spanyol Pedro Sanchez, seperti dikutip AFP, Sabtu.

Bacaan Lainnya

Kedua perdana menteri itu menandatangani kesepakatan mereka di hadapan Raja Spanyol Felipe VI dan Presiden Portugal Marcelo Rebelo de Sousa pada Jumat (4/6) di Stadion Atletico Madrid sesaat sebelum kick off laga pemanasan jelang Euro 2020 antara kedua negara tersebut.

Laga tersebut juga sekaligus menandai seratus tahun pertandingan internasional pertama Portugal, setelah kekalahan 3-1 dari Spanyol di Madrid pada Desember 1921.

Kedua tim berpose di lapangan dengan mengenakan kaus bertuliskan “Vamos2030”.

“Hari ini kami menandatangani komitmen kedua federasi untuk bekerja sama demi Piala Dunia,” kata presiden Federasi Sepak Bola Portugal Fernando Gomes.

Gomes dan rekannya dari Spanyol, Luis Rubiales, mengesahkan kesepakatan yang ditandatangani pada Oktober lalu dalam rangka mempromosikan tawaran bersama untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia 2030.

“Pesan untuk federasi nasional: jika Anda memberi kami kepercayaan, ketika Anda datang ke negara kami, Anda akan menemukan pengalaman yang tak terlupakan,” kata Rubiales, Jumat.

Sementara itu, FIFA tengah berencana untuk memilih tuan rumah 2030 pada 2024.

Selain Spanyol dan Portugal, tawaran untuk menjadi tuan rumah bersama Piala Dunia 2030 juga diajukan oleh Inggris-Irlandia serta Argentina-Uruguay-Paraguay-Chile.

Pengajuan yang dilakukan Uruguay bertepatan dengan seratus tahun perayaan Piala Dunia pertama, yang dimainkan di Uruguay. (ant)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.