Resmi Dilantik, SMSI Muaraenim Siap Bersinergi Dengan Pemerintah

Pelantikan pengurus SMSI Kabupaten Muaraenim

Muaraenim, Dumselupdate.com — Ketua Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Sumsel Jhon Heri melantik kepengurusan SMSI Muaraenim, Selasa (3/11/3020), di Balai Agung Serasan Sekundang. SMSI Muaraenim ini adalah kepengurusan kedua yang telah dilantik di Sumsel, setelah Lubuklinggau.

Kegiatan pelantikan SMSI ini dihadiri oleh Plt. Bupati Muaraenim, Forkopimda, Ketua Bawaslu Muaraenim, SKPD dilingkup Pemkab Muaraenim, Manajer Humas PTBA dan Ketua SMSI Sumsel.

Bacaan Lainnya

Dalam sambutannya ketua SMSI Muaraenim Hafizul Ahkam menyampaikan kesiapan SMSI Muaraenim menjalin hubungan baik dengan semua elemen yang ada di kabupaten Muaraenim, demi terciptanya pembangunan yang kondusif.

“Hadirnya SMSI di kabupaten Muaraenim sebagai wadah berkumpulnya para pemilik media siber di Kabupaten Muaraenim sebagai cerminan dan kontrol sosial. Apalagi SMSI merupakan organisasi yang resmi menjadi konstituen Dewan Pers setelah PWI sebagai wadah organisasi profesi wartawan,” ungkap Hafizul.

Sementara itu ketua SMSI Sumsel Jhon Heri menguraikan hadirnya SMSI berawal dari pemikiran para senior dan pimpinan PWI seluruh Indonesia melihat maraknya media online yang ada saat ini dan berada di luar jalur kaidah jurnalistik.

“SMSI dan PWI ini dua organisasi yang sama-sama konstituen Dewan Pers dan SMSI terlahir dari pikiran para petinggi PWI yang menganggap perlunya pelurusan pemberitaan di bidang siber yang sudah sangat jauh dari kaidah dan aturan jurnalistik,” urainya.

Pada kesempatan yang sama, Plt Bupati Muaraenim H. Juaraaa, SH mengucapkan selamat atas pelantikan pengurus SMSI Muaraenim. Dirinya berharap sinergitas antara PWI, SMSI dan Pemkab Muaraenim dapat terjalin dengan baik terkhusus di bidang pemberitaan.

“Dengan semangat profesionalisme jurnalis dan berpegang pada kode etik jurnalistik, maka dalam kesempatan ini saya berharap kepada rekan-rekan sekalian untuk konsisten menyajikan pemberitaan yang berimbang, proporsional dan bertanggungjawab,” tegas Juarsah.

Beritw yang dibuat, lanjutnya, hendaknya juga memberi nilai manfaat bagi masyarakat dengan pemberitaan yang informatif dan edukatif, serta tentunya menghindari pemberitaan yang bersifat bohong (hoax), fitnah maupun provokatif.

“Dengan demikian, sinergitas antara SMSI selaku organisasi media dan PWI sebagai organisasi profesional wartawan yang ada di kabupaten Muaraenim bersama Pemkab Muaraenim dapat terjalin,” harapnya.

Lanjut Juarsah dirinya juga mengajak awak media untuk dapat berkontribusi langsung dalam melaksanakan pembangunan di Kabupaten Muaraenim.

Juarsah mengajak rekan-rekan media untuk turut serta berkontribusi dalam pembangunan daerah melalui perannya sebagai kontrol sosial terhadap jalannya pemerintahan dan menjembatani antara pemerintah dengan masyarakat.

“Dalam sebuah demokrasi, terdapat empat pilar utama dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, yaitu eksekutif sebagai fungsi pemerintahan, legislatif sebagai fungsi aspirasi rakyat, yudikatif sebagai fungsi hukum dan yang terakhir adalah pers yang menjalankan fungsinya sebagai kontrol sosial,” pungkasnya.

Adapun kepengurusan SMSi Muaraenim yang dilantik yakni Ketua: Hafizul Ahkam, S. Pd. I, Sekertaris: Taufik Firdaus dan Bendahara: Endang Saputra, S. Pd serta 11 pengurus lainnya.(dan)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.