‘Rendang Pedas’, Disdukcapil Muaraenim Blusukkan Berikan Pelayanan Pada Warga Disabilitas

Disdukcapil Muaraenim sedang melayani warga disabilitas di rumahnya.

Laporan: Endang Saputra

Muaraenim, Sumselupdate.com – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Muaraenim melakukan berbagai terobosan dalam pelayanan terhadap warga. Salah satunya ‘Rendang Pedas’.

Bacaan Lainnya

‘Rendang Pedas’, adalah Rekam, Datangi, Penyandang Disabilitas. Hal ini dilakukan guna memudahkan masyarakat di dalam mengurus administrasi kependudukan tanpa harus datang ke Disdukcapil Muaraenim.

Sebagai realisasi dari program ini, Disdukcapil Muaraenim mendatangi dua warga penyandang Disabilitas di Simpang Waras dan BTN Mandala Tanjungenim di Kecamatan Lawang Kidul untuk melakukan perekaman dan sekaligus pencetakan  KTP Elektronik.

“Hari ini atas permintaan dari pihak keluarga untuk dilakukan perekaman dan pembuatan KTP Elektronik terhadap pihak keluarganya, yang merupakan penyandang Disabilitas. Maka itu kita datang langsung dengan dipimpin oleh Kabid Pendaftaran Penduduk Hendri Desta Kusuma ke alamat pemohon,” ungkap Kepala Dinas Dukcapil Muaraenim, Risman Effendi, Jumat (11/06/2021) pada media ini di halaman Pemkab Muaraenim.

Lanjut Risman, inovasi yang mereka beri nama ‘Rendang Pedas’, yakni Rekam, Datangi, Penyandang Disabilitas. Hal ini dilakukan guna memudahkan masyarakat di dalam mengurus administrasi kependudukan tanpa harus datang ke Disdukcapil Muaraenim.

“Kita melakukan inovasi ‘Rendang Pedas’, yakni guna memfasilitasi penyandang disabilitas agar mudah di dalam mengurus dan membuat administrasi kependudukan. Sebenarnya hal ini tidak hanya kaum disabilitas saja, masyarakat umum juga dapat kita lakukan dengan cara ‘Jempolan Desa’, yakni inovasi Jemput Bola, rekam dan Cetak Amduk di Desa dengan catatan dikumpulkan di satu tempat serta didaftarkan melalui pemerintah desa atau kelurahan,” terang mantan Sekdin DPMD ini.

Lebih lanjut Risman menerangkan, selain inovasi tersebut ada beberapa inovasi lain yang mereka berikan untuk memudahkan masyarakat di dalam mengurus data kependudukan.

“Program jemput bola ini merupakan, salah satu Inovasi yang diberikan Disdukcapil Muaraenim pada masyarakat, dimana Inovasi ini kita beri nama Jempolan Desa (Jemput Bola Rekam dan Cetak di desa). Kemudian ‘Pelanduk’ yakni pelayanan  updating data penduduk, kemudian Artis Dukcapil (Antar Gratis Dokumen Kependudukan), seperti penggantian KTP karena hilang dimana caranya masyarakat tersebut terlebih dahulu berfoto Selfi dengan sekaligus memperlihatkan Surat Kehilangan dari Kepolisian atau tanda rekam KTP.

Setelah itu, dikirimkan ke kontak Layanan  WatshApp dan setelah dicetak akan dikirimkan melalui Kantor Pos tanpa dipungut biaya dan berkas aslinya dapat dikirim melalui kantor pos. Itu juga gratis.

“Selanjutnya kita juga ada inovasi Belah Dadaku, yakni inovasi pembuatan akte kelahiran dimana begitu lahir dapat dokumen pendudukan yakni Akte, KK, dan KIA. Kita telah kerja sama dengan RS. Karunia Indah Medika dan Klinik Trijaya Tanjung Enim dan kini kita jajaki seluruh klinik dan bidan yang ada di Muaraenim,” pungkasnya. (**)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.