Remaja Asal PALI Jadi Wakil Sumsel di Ajang GILS 2018

Asih (jilbab merah) saat menjadi presentator grup chamber zero hunger.

PALI, Sumselupdate.com – Meski baru berusia lima tahun, namun Kabupaten PALI kembali menunjukkan prestasi yang membanggakan. Kali ini, prestasi tersebut lewat seorang dara bernama Asih Wahyudi, dalam sebuah acara Great Indonesia Leadership Summits (GILS) 2018.

Alumni SMP YKPP Pendopo itu menjadi wakil Sumatera Selatan sekaligus Kabupaten PALI dalam acara GILS 2018 yang digelar di Kota Batu, Jawa Timur pada 21-23 Juli 2018 lalu.

Dikatakan Asih, GILS diinisiasi oleh Organisasi Inovator Nusantara yang merupakan konferensi nasional yang mempertemukan 180 delegasi pemuda dari seluruh Indonesia.

Tujuan utamanya adalah membahas isu permasalahan global yang kerap disebut Sustainable Development Goals (SDGs). SDGs sendiri merupakan program kerja PBB dalam menanggulangi permasalahan dunia dan dirinya diminta menemukan solusi dengan cara kolaborasi karya.

Dalam kesempatan tersebut, putri dari pasangan Wahyudi dan Lina Rosita ini membawa project cara mengatasi isu kelaparan (chamber 2/ point no 2 SDGs). Diakuinya pula, sebelum ke putaran GILS secara nasional di Kota Batu, dirinya harus melewati beberapa tahapan penyeleksian oleh panitia.

“Tahap pertama seleksi administrasi, dari 10 Maret-8 Mei 2018, kemudian membuat video project dari 13-20 Mei, setelah itu tahap ketiga wawancara by phone pada 14-20 Mei. Di proses wawancara ini, kita ditanya keorisinilan projek yang dibawa serta berkenaan dengan projek yang dibawa,” jelasnya, Kamis (2/8/2018).

Dalam project Portal Tanpa Kelaparan yang dibawa Asih, ada tiga hal utama yang bisa dilakukan untuk mengatasi isu kelaparan. “Pertama, Ayo Nandur (mengajak masyarakat menanam di pekarangan rumah). Insha Allah output nya akan tercipta kampung wisata edukasi sayur (sedang bekerjasama dengan Disbudpar PALI),” ucapnya.

“Yang kedua, Pantang Sisa (menyisihkan makanan untuk dibungkus dan dibagikan kepada yang membutuhkan). Ketiga, Snack Bar (produk makanan sehat yang terbuat dari bahan pangan lokal yang akan produksi segera). Saat ini dalam tahap trail and error di Surabaya,” bebernya.

Dalam kesempatan ini pula, dirinya mengucapkan banyak berterima kasih kepada Bupati PALI H Heri Amalindo yang telah mendukung dan memberikan support terhadap dirinya.

“Alhamdulillah perjuangan Asih selama mengikuti GILS 2018 kemarin di support penuh oleh Bupati PALI. Untuk itu, Asih mengucapkan banyak terima kasih kepada pak Bupati,” ucapnya.

Dia berharap, keberhasilan dirinya dalam GILS 2018 bisa menjadi contoh bagi pemuda/pemudi PALI untuk bersemangat menunjukkan prestasi dan mengharumkan nama Kabupaten PALI di tingkat nasional.

“Semoga ini jadi awal yang baik serta mampu menjadi motivasi bagi pemuda di PALI untuk mengharumkan nama PALI di tingkat nasional. Kita buktikan, bahwa PALI tidak hanya memiliki potensi SDA melimpah saja, tapi juga potensi SDM yang berkompeten,” tutupnya.

Sementara itu, Bupati PALI H. Heri Amalindo mengapresiasi capaian yang ditorehkan salah satu pemuda/pemudi kabupaten PALI. Ia berharap, ini bisa menjadi inspirasi kepada pemuda kabupaten PALI yang lain untuk menunjukkan prestasi di tingkat nasional.

“Tentunya dengan prestasi yang ditorehkan oleh Asih, bisa menjadi motivasi untuk pemuda PALI dalam meningkatkan prestasi. Dengan begitu, nama Kabupaten PALI akan semakin dikenal di tingkat nasional,” pungkasnya. (adj)

Yuk bagikan berita ini...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.