Ratusan Pelajar Ikuti Seleksi Paskibraka Muaraenim

Siswa yang mengikuti seleksi Paskibraka di Muaraenim.

Laporan: Syahrial Hadi

Guna mempersiapkan upacara HUT RI ke-76 pada 17 Agustus 2021 nanti, ratusan pelajar kelas X di Bumi Serasan Sekundang, mengikuti seleksi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka).

Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Muaraenim kali ini melakukan penyeleksian di Kecamatan Gelumbang yang dipusatkan di SMA Negeri 1 Gelumbang, Kabupaten Muaraenim, pada Rabu (10/3/2021).

Rangga, salah satu pelajar SMAN 1 Gelumbang, yang mengikuti seleksi Paskibraka mengatakan, jika ia sengaja mengikuti seleksi Paskibraka untuk membanggakan orangtua dan juga keluarga, serta mengharumkan nama Kelurahan Gelumbang dan SMAN 1 Gelumbang.

“Semoga saja bisa lolos dan bisa membuat bangga orangtua, keluarga dan sekolah juga,” ujar Rangga.

Sementara itu, Kepala Dispora Kabupaten Muaraenim diwakili Kepala Bidang Pengembangan Pemuda  Nina Deslina, ketika dibincangi Sumselupdate.com menyebut, penyeleksian masih pada tingkat kecamatan, dan nanti akan diseleksi lagi di Kabupaten Muaraenim.

“Penyeleksian Paskibraka diikuti oleh ratusan pelajar kelas X seluruh SMA, SMK dan MA yang ada di Kabupaten Muaraenim, dan sekarang di SMAN 1 Gelumbang ini dikuti oleh SMA Negeri 1, SMA PGRI dan SMK Kecamatan Gelumbang, juga SMA Negeri 1 dan SMK Kecamatan Sungai Rotan. Yang pastinya, nanti yang terpilih di kecamatan akan diseleksi lagi di tingkat kabupaten,” ujar Nina.

“Kita memiliki beberapa syarat sesuai dengan ketentuan, antara lain ukuran tinggi badan, kesehatan, fisik, mental. Tentu tidak sembarang. Apalagi penyeleksian dilaksankan Tim seleksi Unsur TNI-POLRI dan Kesehatan, dari Kodim 0404 Muaraenim,  Kepolisian Resort (Polres) Muaraenim, dan Dinas Kesehatan Muaraenim, Tentu sangat ketat,” sambung Nina.

Melihat seleksi yang ketat dengan syarat yang benar-benar selektif, Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Gelumbang, Agus Viansyah menaruh harapan yang besar pada siswanya untuk dapat lolos pada seleksi, tak hanya tingkat kecamatan tapi sampai tingkat kabupaten.

Ia pun berharap, pada seleksi selanjutnya, digelar secara terbuka seperti saat ini. Sehingga benar-benar terpilih mereka yang benar-benar layak. (**)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.