Ratusan Calon Anggota Paskibraka OKU Timur Mulai Bersaing, Ini Tahapan Seleksinya

Penulis: - Selasa, 16 April 2024
Seleksi anggota paskibraka untuk upacara HUT RI 2024 tersebut langsung dibuka oleh Sekretaris Daerah (Sekda) OKU Timur
Seleksi anggota paskibraka untuk upacara HUT RI 2024 tersebut langsung dibuka oleh Sekretaris Daerah (Sekda) OKU Timur

Martapura, Sumselupdate.com – Pemerintah Kabupaten OKU Timur melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) mulai melakukan tahapan seleksi anggota Pasukan Pengibaran Bendera Pusaka (Paskibraka).

Seleksi anggota paskibraka untuk upacara HUT RI 2024 tersebut langsung dibuka oleh Sekretaris Daerah (Sekda) OKU Timur, Jumadi, S. Sos. Selasa, (16/4/2024). Balai rakyat pemkab OKU Timur.

Bacaan Lainnya

Saat membuka seleksi calon paskibraka tingkat kabupaten tersebut, Jumadi mengucapkan selamat kepada ratusan pelajar yang lolos dalam tahap pendaftaran dan mengikuti seleksi administrasi.

“Selamat kepada peserta perwakilan dari sekolah yang mengikuti seleksi hingga tingkat Kabupaten ini,” ujar dia.

Jumadi juga mengatakan, dari jumlah ratusan pelajar yang mengikuti seleksi ini, akan mengerucut dan terpilih menjadi 46 anggota paskibraka.

“Berjuanglah hingga dapat terpilih dan masuk ke dalam 46 besar, namun jika belum terpilih jangan berkecil hati,” ungkapnya lagi.

Tak lupa ia juga berpesan kepada seluruh calon anggota paskibraka yang ikut seleksi ini agar tetap menjaga kesehatan selama mengikuti tahapan seleksi. Mengingat tahapan tersebut akan berlangsung selama sepekan dari tanggal 16 hingga 21 April 2024.

“Kepada seluruh peserta untuk terus menjaga kesehatan, kedisiplinan, kekompakan dan semangat juang. Kami selaku Pemerintah menyampaikan terimakasih kepada Badan Kesbangpol dan segenap panitia yang telah berupaya mensukseskan seleksi paskibraka ini hingga sukses mengibarkan bendera pada 17 Agustus 2024 mendatang,” pesannya.

Sementara, Kepala Badan Kesbangpol OKU Timur, Faizal, SKM., M.M mengatakan, calon anggota paskibraka tahun 2024 saat ini diikuti oleh 198 peserta yang mewakili 52 sekolah masing-masing. Dimana, pada tahap awal, ada 246 pelajar yang mendaftarkan diri melalui aplikasi ‘transparansi paskibraka’.

“Penerimaan awal calon anggota atau pelajar dari setiap sekolah mendaftar melalui aplikasi ‘transparansi paskibraka’ yang diakses melalui smartphone, namun sebanyak 198 calon paskibraka yang lolos, selebihnya banyak yang tidak melengkapi dokumen,” terangnya.

Dijelaskannya juga, saat ini seleksi untuk penerimaan anggota paskibraka beralih dan menjadi tanggung jawab Badan Kesbangpol OKU Timur, hal itu berdasarkan peraturan presiden Nomor 51 Tahun 2022.

“Sebelumnya penerimaan atau rekrutmen calon anggota paskibraka dilaksanakan oleh Disporapar OKU Timur, namun kini setelah dikeluarkannya Perpres tersebut maka menjadi tanggung jawab Kesbangpol,” ucapnya.

Diketahui, sebanyak 198 calon anggota paskibraka yang lolos pendaftaran online tersebut akan melalui seleksi administrasi dan kesehatan. Lalu, dihari berikutnya seluruh peserta akan mengikuti seleksi CAT seperti tes TIU dan TWK. Kemudian dilanjutkan tes parade dan PBB hingga tes kesemaptaan dan terakhir tes kepribadian. (**)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.