Program Abang, Kejari PALI Antar Barang Bukti Secara Gratis

Petugas Kejari PALI mengantarkan barang bukti kepada warga.

PALI, Sumselupdate.com Dengan program Antar Barang Bukti Gratis (Abang), Kejaksaan Negeri (Kejari) Penukal Abab Lematang Ilir (Kejari PALI), Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) dapat mengantarkn barang bukti kepada warga korban kejahatan secara gratis.

Program yang sudah ada sejak tahun 2019 itu bertujuan untuk melayani masyarakat khususnya korban kejahatan dan barang miliknya dijadikan barang bukti di pengadilan.

Bacaan Lainnya

“Masyarakat atau korban pemilik barang bukti tidak perlu datang lagi ke kantor Kejari PALI, karena Tim ABANG sudah siap mengantarkan barang bukti ker rumah tanpa pungutan biaya apapun atau gratis,” ungkap Kepala Kejari PALI, Marcos MM Simaremare, SH MHum, Rabu (20/5/2020).

Lebih lanjut dikatakan Marcos, waktu pengembalian dilakukan serta merta setelah perkara terdapat putusan pengadilan yang menyatakan mengembalikan kepada korban yang berhak dan putusan tersebut telah berkekuatan hukum tetap, maka tanpa diminta Tim ABANG akan segera mengantar ke rumah pemilik.

“Selama tahun 2019 tim telah mengantarkan ke rumah korban sebanyak 20 barang bukti. Barang Bukti tersebut disimpan di gedung khusus yang mulai difungsikan januari 2020 yang dapat menampung sekitar 70 sepeda motor. Bahkan, secara berkala barang bukti tersebut dirawat dan dicuci supaya masyarakat tidak kecewa barangnya rusak serta barang rampasan yang akan dilelang  tetap bernilai ekonomis sehingga menambah pemasukan ke kas negara,” ujarnya menambahkan.

Apabila pada waktu yang ditentukan tim Abang belum datang mengantar barang bukti atau terdapat ketidaksesuaian maka pemilik barang dapat menyampaikan permohonan atau pengaduan atau kritik saran melalui website Kejari PALI, pasti akan ditindaklanjuti.

“Tahun 2020 ditargetkan Tim ABANG akan mengantar sebanyak 24 barang bukti ke rumah pemiliknya,” pungkasnya. (adj)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.