Polrestabes Palembang Gagalkan Penyelundupan 91.456 Ekor Benih Lobster Senilai Rp14 Miliar

Jumat, 10 September 2021
Polrestabes Palembang menggagalkan penyelundupan benih lobster sebanyak 91.456 ekor.

Laporan: Haris Widodo

Palembang, Sumselupdate.com – Polrestabes Palembang kembali menggagalkan penyelundupan benih Lobster sebanyak 91.456 ekor yang tersimpan di dalam 18 box streofom.

Bacaan Lainnya

Pelaku tersebut bernama Aziz Septiansyah (40), yang merupakan kurir yang diamankan Pidana  Khusus Polrestabes Palembang, Jumat (10/9/2021) dini hari pukul 01.00 WIB. Pelaku diamankan di Jalan Sriwijaya Raya Simpang Pintu Tol  Keramasan, Kecamatan Kota Palembang, menggunakan mobil Kijang Inova dengan nomor Polisi BG 1628 AN.

“Dini hari tadi, kami berhasil menggagalkan penyelundupkan 91.456  benih lobster yang merugikan negara senilai Rp14 miliar atau Rp14.131.200.000 rupiah,” ujar Kapolrestabes Palembang, Kombes Pol Irvan Prawira Satyaputra, saat ditemui di Mapolrestabes Palembang, Jumat(10/9/2021).

Dikatakannya, mobil yang digunakan dapat terisi 18 box streofom yang berisi benih lobster tersebut sudah dimodifikasi tempat duduknya.

“Barang tersebut dibawa dari Pelabuhan Ratu Sukabumi, Jawa Barat menuju Jambi. Dan sudah kami koordinasikan dengan kepolisian Jambi dan juga kepolisian yang melintasinya agar kita tahu Muaranya,” jelasnya kepada wartawan.

Barang bukti yang diamankan polisi.

Diungkapkannya, ada dua jenis benih Lobster Pasir sebanyak 83.200 ekor dan 8256 ekor jenis Mutiara. Atas tindakkan tersebut pelaku terjerat Pasal 92 Jo Pasal 26 ayat 1 no 45 tahun 2009 dengan ancaman hukuman 8 tahun penjara.

Sementara itu dari penuturan pelaku, Aziz, ia baru menjalankan muatan tersebut ke Jambi. Yang mendapatkan upah senilai Rp1 juta.

“Aku dapetnyo dari kawan aku jugo sopir kerjaan ini. Dimana dia tahu yang menyediakan mobil dan di sana nan saya akan di telp,” katanya.

Dari keterangannya ia mendapat sudah ada empat kali pengantaran benih Lobster ke Jambi dan Sungai Lilin, Banyuasin,” katanya. (**)


Bantu Kami untuk Berkembang

Mari kita tumbuh bersama! Donasi Anda membantu kami menghadirkan konten yang lebih baik dan berkelanjutan. Scan QRIS untuk berdonasi sekarang!


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.