PKB Harap Ada Kepastian Soal Pemilu 2024 Tahun Depan

Ketua DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jazilul Fawaid

Jakarta, Sumselupdate.com – Partai Kebangkitan Bangsa berharap penetapan jadwal Pemilu 2024 bisa diputuskan segera pada awal tahun depan. PKB berharap makin cepat keputusan, maka makin ada kepastian bagi partai politik untuk mengambil langkah.

“Mudah-mudahan awal tahun bisa diputuskan oleh pemerintah bersama DPR sehingga partai-partai bisa lebih fix mempersiapkan,” kata Jazilul di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (29/12/2021) seperti dikutip dari suara.com jaringan nasional sumselupdate.com.

Read More

Jazilul menilai penetapan tanggal dan tahapan Pemilu memang harus segera. Mengingat tahun mendatang, pelaksana Pemilu baik dari KPU dan Bawaslu akan berganti kepengurusan.

Hal itu tentu saja berimplikasi pada persiapan-persiapan menuju penyelenggaraan pesta demokrasi di 2024.

Belum lagi partai politik yang juga bakal disibukkan dengan kegiatan mereka masing-masing dalam menyongsong Pemilu.

“Jadi 2022 itu menurut saya numpuk yang kaitannya dengan proses pemilu. Yang partai-partai sibuk membangun koalisi, mencari figur, menyusun agenda. Sementara pelaksana juga sibuk menata pelaksanaannya karena KPU-Bawaslu akan berubah,” tutur Jazilul.

“Nah sama juga DPR dan pemerintah sibuk menentukan jadwalnya,” sambung Jazilul.

Sebelumnya, Jazilul turut mengomentari penetapan jadwal Pemilu dan Pilkada serentak 2024 yang belum juga diputuskan. Penetapan itu terkesan terus diulur, namun menurut Jazilul keputusan kapan waktu pencoblosan memang menjadi urusan pelik.

“Karena pelik. Pelik itu begini, ini bukan hanya menyangkut jadwal, itu menyangkut keserantakan juga,” kata Jazilul.

Keserentakan itu yang menjadi rumit untuk kemudian diputuskan. Belum lagi, pandemi yang melanda dunia termasuk Indonesia saat ini.

Hal itu tentu kata Jazilul yang membuat peelaksanaan Pilres mendatang berbeda dengan penyelenggaraan Pilpres sebelumnya.

“Jadi memang agak rumit, agak rumit untuk memutuskan tanggal, habis itu tahapan, habis itu keserentakan. Mungkin saja bisa berbeda dari Pilpres yang kemarin,” ujar Jazilul. (adm3/sur)

Yuk bagikan berita ini...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.