Pj Sekda Minta Camat dan Kades Jadi Pejabat Penghubung PPID Muaraenim

Peserta Bimbingan Teknis (Bimtek) Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID), di ruang Rapat Pangripta Nusantara Bappeda Muaraenim, Rabu (15/09/2021).

Laporan: Endang Saputra

Muaraenim, Sumselupdate.com – Guna meningkatkan pemahaman dan kinerja ASN beserta perangkat daerah di lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muaraenim dalam hal pengelolaan  komunikasi dan informasi, digelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID), di ruang Rapat Pangripta Nusantara Bappeda Muaraenim, Rabu (15/09/2021).

Read More

Acara dibuka langsung Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Muaraenim, Emran Tabrani, didampingi Kadis Kominfo Ardian Arifanardi, Komisioner Komisi Informasi Provinsi Sumatera Selatan Muhammad Fathony, dan Amrullah dari Diskominfo Provinsi Sumatera Selatan sebagai narasumbernya.

Diterangkan PJ Sekda, PPID ini sangatlah penting dan erat kaitannya dengan penyelenggara dan penyelenggaraan negara.

“Diketahui, informasi Publik adalah informasi yang dihasilkan, disimpan, dikelola, dikirim, dan atau diterima oleh suatu Badan Publik yang berkaitan dengan penyelenggara dan penyelenggaraan negara atau penyelenggara dan penyelenggaraan Badan Publik lainnya sesuai  dengan Undang-undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik serta informasi lain yang berkaitan dengan kepentingan publik,” ungkapnya.

Pj Sekda Muaraenim dalam sambutannya, mengimbau kepada para peserta, agar dapat memanfaatkan secara optimal apa yang telah diperoleh untuk mengklasifikasikan informasi  publik yang ada di unit kerja masing-masing, dan  kupas tuntas bila perlu bertanya mana informasi yang boleh untuk dipublikasikan, dan mana yang dijadikan pengecualiaan karena ada beberapa informasi yang bersifat rahasia.

“Saya minta kepada Diskominfo untuk menjadikan Camat dan Kepala Desa sebagai Pejabat Penghubung di PPID Kabupaten Muaraenim, karena kebanyakan laporan yang  diterima berasal dari tingkat desa, sehingga dengan adanya Pejabat Penghubung disetiap Desa, maka laporan yang diterima dapat ditanggapi dengan cepat,” pungnkasnya.

Turut hadir dalam Bimtek tersebut para Kepala Perangkat Daerah lingkup Pemkab. Muaraenim serta 25 orang peserta hadir secara langsung dan 300 orang secara virtual. (**)

Yuk bagikan berita ini...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.