Pipa PDAM Tirta Musi Pecah, Jalan Macan Lindungan Palembang Ditutup

Proses perbaikan pipa PDAM Tirta Musi yang pecah di Simpang Macan Lindungan Palembang, Rabu (17/2/2021).

Laporan: Edwar Heryadi

Palembang, Sumselupdate.com – Pipa induk air bersih milik Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Musi Palembang pecah dan mengalami kebocoran tepatnya di Simpang Macan Lindungan Palembang.

Bacaan Lainnya

Pecahnya pipa induk ini membuat manajemen PDAM Tirta Musi Palembang bergerak cepat dengan menurunkan tim guna mengadakan proses perbaikan, Rabu (17/2/2021).

Ditemui di lokasi perbaikan, Manager Bagian Pengendalian Kehilangan Air PDAM Tirta Musi Palembang, Erwin Ardyanto kepada Sumselupdate.com mengatakan, diketahui bocornya pipa induk ini pada Senin (15/2) malam oleh petugas Unit Karang Anyar.

Proses perbaikan pipa PDAM Tirta Musi yang pecah di Simpang Macan Lindungan Palembang, Rabu (17/2/2021).

“Kemudian setelah dilakukan analisa ternyata pipa yang bocor ini pipa besar berdiameter 700 milimeter jenis PVC yang mana pipa ini menuju pengisian ke Unit Alang-alang Lebar dan jalur Tanjung Barangan sekitarnya. Setelah kita lakukan penggalian ternyata pipa itu meledak dan bocornya sudah besar tapi tertahan oleh beban tanah di atasnya. Setelah tanah kita korek (gali –red) ternyata pipanya meledak sehingga akhirnya kita stop total distribusi air bersih dari Instalasi Pengolahan Karang Anyar,” beber Erwin.

Erwin mengatakan, diketahuinya pipa induk ini mengalami kebocoran, setelah ditemukannya air yang muncrat ke atas.

Dikatakan Erwin, indikasi bocornya pipa ini lantaran adanya beban kendaraan. Terlebih lagi, material pipa berjenis PVC yang rentan bocor karena adanya beban kendaraan.

Proses pebaikan pipa ini menurut Erwin diperkirakan memakan waktu hingga pukul 22.00 WIB nanti malam.

Adapun wilayah terdampak dari proses perbaikan pipa, di mana terjadi penghentian pengaliran air bersih berada di wilayah Macan Lindungan, Tanjung Barangan, Soekarno Hatta (Sukasari), Parameswara (Jembatan Demang Lebar Daun sampai Hulubalang II).

Kemudian, wilayah yang terdampak di seluruh SMB kanan, SMB kiri, Jalan Perumnas Raya, Talang Jambe, Talang Betutu, Jalan Kol H Burlian, Kebun Bunga, Surya Sakti, Perindustrian, Suka Karya, HM Soleh, Jalan Naskah, dan kawasan Pulo Gadung.

Pipa PDAM Tirta Musi yang pecah di Simpang Macan Lindungan Palembang, Rabu (17/2/2021).

Ditambahkan Erwin, selain berdampak terhadap penghentian distribusi air bersih, proses perbaikan pipa ini juga akan berdampak ditutupnya jalan masuk ke Jalan Macan Lindungan Palembang.

Penutupan Jalan Macan Lindungan Palembang ini karena pecahnya pipa induk jenis PVC ini memanjang, sehingga dengan terpaksa akan dilakukan penggalian dan secara otomatis menutup ruas jalan.

Untuk menghindari kemacetan, maka untuk masuk maupun keluar dari Jalan Macan Lindungan akan dialihkan ke Perumahan BSI dan keluar samping pool mobil Yoanda Prima. (**)

 

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.