Pesawat Emirates Airline Meledak di Bandara Dubai, 300 Penumpang dan Kru Awak Nyaris Tewas

Foto: Pesawat Emirates crash landing di Bandara Dubai (Foto: Time Out Dubai/detikcom)

Dubai, Sumselupdate.com – 282 penumpang dan 18 awak kabin nyaris tewas, menyusul badan pesawat Emirates Airlines crash landing dan meledak di landasan Bandara Internasional Dubai.

Pesawat Emirates EK521 ini tengah melakukan perjalanan dari Bandara Internasional Trivandrum di Thiruvananthapuram, India, Rabu (3/8) pukul 10.19 waktu setempat.

Bacaan Lainnya

Pesawat ini dijadwalkan mendarat di Bandara Internasional Dubai, Uni Emirates Arab, di hari yang sama pukul 12.50 waktu setempat.

Namun entah kenapa, pesawat Boeing 777-300 dengan nomor registrasi A6-EMW bermesin Rolls-Royce Trent 800 ini mengalami masalah jelang pendaratan, sekitar pukul 12.45 waktu setempat.

Burung besi tersebut diduga mendarat tanpa menggunakan roda pendaratan, salah satu mesinnya diketahui copot. Ia lalu terhempas dengan bagian perut menyentuh landasan.

Seluruh penumpang dan awak kabin, dilaporkan masih berada di dalam burung besi tersebut saat pesawat mulai terbakar dan mengeluarkan asap hitam. Namun, mereka semua bisa dievakuasi sebelum kapal terbang itu meledak.

Rekaman detik-detik dramatis burung besi itu meledak pun sempat diabadikan oleh beberapa penumpang, yang sedang berada di dalam ruang tunggu keberangkatan.

Terlihat dalam rekaman, Emirates yang mengalami kecelakaan saat mendarat, mengeluarkan asap dari bagian belakang badan pesawat.

“Api mulai menyebar secara acak dan pada saat kobaran tersebut menyentuh mesin, seluruh bagian atas pesawat terbakar,” kata Krishna Bhagavathula seperti dikutip Liputan6.com dari NBCNews.com, Rabu (3/8/2016).

Selang beberapa detik asap kemudian membubung tinggi, lalu terjadi ledakan di ekor pesawat. Akibatnya, salah satu bagian, yang diduga dinding pesawat, melayang di udara.

Untungnya, tak ada lagi manusia yang ada di dalamnya.

Pihak maskapai mengonfirmasi kecelakaan tersebut melalui akun Twitter @emirates. “Insiden terjadi di Bandara Internasional Dubai pada 3 Agustus 2016, pukul 12.45 waktu setempat,” demikian pernyataan tersebut.

Juru bicara Emirates mengonfirmasi bahwa pesawat mengalami ‘crash-landing‘. Namun, belum memberikan keterangan lebih detil mengenai insiden itu.

“Kami dapat mengonfirmasikan Penerbangan EK521 dari Thiruvananthapuram ke Dubai telah mengalami insiden di Dubai Internasional Airport,” kata maskapai itu dalam Twitter-nya.

“Ada 275 penumpang dan kru di dalamnya. Prioritas kami adalah keselamatan mereka. Sejauh ini dilaporkan tidak ada yang terluka,” katanya. (hyd)

 

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.