1 Tewas Akibat Insiden ‘Crash Landing’, Bandara Internasional Dubai Kembali Dibuka

Foto: Suasana di Bandara Internasional Dubai (Ashraf Mohammad/Reuters/detikcom)

Dubai, Sumselupdate.com  –Pesawat Emirates EK521 mengalami crash landing dan meledak di Bandara Internasional Dubai, Uni Emirat Arab. Sebanyak 300 orang penumpang termasuk awak selamat, namun satu orang petugas pemadam kebakaran tewas dalam insiden itu.

Pernyataan tersebut disampaikan Chairman and Chief Executive Emirates Airline & Group Sheikh Ahmed bin Saeed Al-Maktoum dalam jumpa pers seperti dilansir detikcom dari Reuters, Kamis (4/8/2016).

Bacaan Lainnya

Tidak disebutkan identitas petugas pemadam kebakaran yang tewas tersebut. Korban tewas saat berusaha memadamkan api yang tengah berkobar.

Sheikh Ahmed menyatakan pihaknya belum bisa berkomentar soal penyebab insiden itu. Namun dia memastikan pesawat itu telah menjalani pemeriksaan sesuai prosedur dan dinyatakan layak terbang. Mereka akan bekerja sama dengan pemerintah setempat untuk melakukan penyelidikan.

Meski demikian, empat jam setelah ditutup, Bandara Internasional Dubai kini telah beroperasi kembali pada Rabu (3/8) sekitar pukul 18.30 waktu setempat.

“Bandara Internasional Dubai kembali beroperasi untuk penerbangan keberangkatan dan kedatangan,” tulis akun Twitter resmi pemerintah seperti dilansir AFP, Kamis (4/8/2016).

Di situs resminya, maskapai Emirates juga menyatakan telah beroperasi kembali di Bandara internasional Dubai. Namun sejumlah penerbangan mengalami penundaan, pengalihan, hingga pembatalan gara-gara insiden crash landing tersebut.

“Operasi Emirates telah kembali di Bandara Internasional Dubai setelah ditutup selama beberapa jam hari ini, 3 Agustus 2016. Kami masih dalam modus pemulihan dan sejumlah penerbangan telah dibatalkan, ditunda atau dialihkan. Kami menyadari bahwa banyak orang akan terpengaruh oleh gangguan penerbangan dan kami mohon maaf atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan. Kami menghargai kesabaran Anda dan terima kasih atas pengertian Anda,” tulis Emirates.

“Penumpang memegang tiket yang dibeli pada atau sebelum 3 Agustus 2016 dapat rebook atau membatalkan pemesanan mereka tanpa dikenakan biaya,” sambungnya.

Chairman and Chief Executive Emirates Airline & Group Sheikh Ahmed bin Saeed Al-Maktoum sebelumnya mengatakan, tak ada korban jiwa dalam insiden crash landing Emirates EK521. Sebanyak 300 orang penumpang termasuk kru selamat. Ada 13 orang yang mengalami luka ringan dan tengah dirawat di rumah sakit.

“Prioritas pertama kami adalah perawatan dan penanganan terhadap penumpang dan awak kami, untuk menjawab pertanyaan dari keluarga dan teman-teman mereka. Kami telah menjalankan tim respons kemanusiaan kami untuk memberi dukungan, perawatan dan kasih sayang terhadap mereka yang terkena dampak,” ujar Sheikh Ahmed dalam pernyataan resminya.

Sheikh Ahmed menyebut, pihaknya telah bekerja sama dengan pemerintah dan pihak-pihak terkait untuk mengetahui penyebab insiden kecelakaan ini. Akan dicari apakah masalahnya pada kesalahan di pesawat, manusia, atau faktor cuaca. Semua masih dalam proses penyelidikan.

“Pikiran kami dengan semua orang yang terlibat. Saya meminta Anda untuk menghormati privasi penumpang kami, kru, keluarga dan teman-teman dari orang-orang di pesawat tersebut,” ujarnya. (hyd)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.