Perjalanan Karier Mieke Wijaya Sejak Usia 15 Tahun, dari Bintang Film hingga Sinetron

Jakarta, Sumselupdate.com – Kabar duka kembali datang dari dunia hiburan. Artis sekaligus pemain film senior, Mieke Wijaya meninggal dunia pada Selasa, (3/5/2022) malam dalam usia 82 tahun.

Mieke dikabarkan menderita penyakit diabetes dan kanker. Ibu dari Nia Zulkarnaen ini dimakamkan di TPU Tanah Kusir dan satu liang lahat dengan mendiang suaminya, Dicky Zulkarnaen.

Bacaan Lainnya

Perjalanan hidup Mieke Wijaya begitu banyak dikenang orang. Lewat banyak perannya di film serta sinetron membuat namanya begitu harum di tengah masyarakat.

Perjalanan karir almarhum Mieke bermula saat beliau masih berusia 15 tahun dan berhasil menjadi salah satu pemeran di film ‘Gagal’. Bukan hanya film “Gagal”, beliau juga membintangi film hits lain seperti “Tjorak Cinta” di tahun yang sama.

Namanya semakin dikenal setelah berperan sebagai Nana dalam film “Tiga Dara”. Keberhasilannya dalam memerankan film Tiga Dara bersama dua rekan lainnya, yaitu Indriati Ishak dan Chitra Dewi membuat mereka masuk dalam nominasi Festival Film Venesia pada tahun 1959.

Ajang penghargaan internasional ini juga tercatat sebagai sejarah perfilman Indonesia yang berhasil menembus pasar internasional. Mieke juga pernah mendapatkan 3 piala citra sepanjang karir perfilmannya dan memboyong gelar Pemeran Utama Wanita Terbaik sebanyak 3 kali.

Tak ketinggalan, film hits tahun 2008 yaitu Ayat Ayat Cinta juga melibatkan Mieke yang berperan sebagai Ummu Fathi. Ia juga berhasil mendapatkan penghargaan sebagai Indonesian Movie Actors Awards tahun 2015.

Di usianya yang sudah tidak muda lagi, Mieke pun ikut berperan dalam beberapa sinetron hits, seperti Ayah Mengapa Aku Berbeda dan Catatan Hati Seorang Istri di salah satu stasiun TV.

Kecintaannya terhadap dunia peran juga diteruskan oleh sang anak, Nia Zulkarnaen yang saat ini berprofesi sebagai seorang produser.

Perjalanan Mieke di dunia hiburan juga membuat banyak orang terkenang. Apalagi dirinya kerap memerankan tokoh di film dengan begitu apik dan sangat menjiwai, sehingga menyisakan kesan mendalam bagi setiap pecinta lakonnya di film maupun sinetron. (adm3/sur)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.