Penyelenggara Tidak Tegas, Peserta Pilkada dan Pemilu Banyak Melakukan Pelanggaran

Massa dari Aliansi Pemuda Peduli Pemilu menggelar aksi damai di Bundaran Air Mancur, Palembang, Jumat (3/8/2018).

Palembang, Sumselupdate.com – Aliansi Pemuda Peduli Pemilu (APPP) menggelar aksi damai dengan tema jangan jadikan tempat ibadah sebagai ajang kampanye terselubung di Bundaran Air Mancur, Palembang, Jumat (3/8/2018).

Aksi tersebut dilatarbelakangi karena saat ini banyak sekali pelanggaran-pelanggaran yang dilakukan peserta pemilu maupun pilkada, denggan menggelar kampanye tersulubung di tempat ibadah.

Read More

Koordinator APPP, Ruben Alkatari mengatakan, saat ini makin banyak aturan yang dikangkangi oleh peserta pemilu, karena tidak adanya sanksi tegas dari penyelenggara pesta demokrasi.

Berangkat dari keprihatinan tersebut,  pihaknya berharap penyelenggara yakni Bawaslu dan KPU untuk bekerja lebih profesional lagi.

“Jangan sampai tempat ibadah dan rumah sakit dijadikan tempat kampanye,” ungkapnya.

Ruben menjelaskan, berdasarkan PKPU Nomor 4 tahub 2017 pasal 68 tentang larangan dan sanksi terdapat dalam huruf j,  yang berbunyi dalam kampanye dilarang menggunakan tempat ibadah dan sarana serta fasilitas keagamaan.

“Penyelenggara pemilu KPU dan Bawaslu segera mengawasi,  jangan sampai masjid dan RS jadi ajang sosialisasi politik terselubung.  Karena itu tidak sesuai aturan,” pungkasnya.

Dalam selebaran yang dibagikan, pengunjukrasa menyatakan sampai saat ini banyak sekali pelanggaran-pelanggaran yang dilakukan oleh peserta pemilu maupun pilkada.

“Hal ini tentu menjadi catatan-catatan hitam bagi penyelenggara pemilu, semakin banyaknya aturan yang dikangkangi oleh peserta pemilu, namun sampai saat ini tidak banyak yang diberikan sanksi tegas,” katanya

“Maka dari itu kami dari Aliansi Pemuda Peduli Pemilu berharap para penyelenggara pemilu dapat memberikan sanksi tegas berupa diskualifikasi penyalonan peserta pemilu serta mengajak masyarakat umum untuk mengawasi dan memberikan sosial kontrol terhadap peserta pemilu demi tegaknya demokrasi yang jujur, adil dan bermartabat,” tandasnya lagi. (syd)

Yuk bagikan berita ini...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.