Penjualan Hewan Qurban di Kabupaten PALI Mulai Mengalami Lonjakan

Riansyah (kiri) tengah melayani salah satu pembeli hewan qurban, Kamis (15/7/2021).

PALI, Sumselupdate.comMeski berada di tengah wabah pandemi Covid-19, penjualan hewan qurban menjelang Hari Raya Idul Adha 1442 Hijriah Tahun 2021 di Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), Sumatera Selatan, mulai mengalami lonjakan.

Riansyah (32), penjual hewan qurban yang ada di Kelurahan Pasar Bhayangkara mengungkapkan pada tahun 2021 penjualan hewan qurban sama seperti tahun lalu, meski masih berada di tengah wabah pandemi Covid-19.

Bacaan Lainnya

Alhamdulillah penjualan hewan qurban tahun 2021 ini tetap stabil, apalagi saat ini masih berada di tengah wabah pandemi Covid-19,” ungkap Riansyah (31) penjual hewan qurban saat dijumpai di kandang ternak miliknya, Kamis (15/7/2021).

Kendati demikian, ia mengaku untuk penjualan qurban kambing, mengalami peningkatan yang cukup tinggi, sementara hewan qurban sapi mengalami penurunan.

“Pada Tahun 2020 hingga kini sudah ada sebanyak 35 ekor jenis sapi dan 85 kambing. Tapi pada tahun 2021 ini, penjualan kambing melonjak di angka 120 ekor, sementara sapi menurun menjadi 18 ekor. Dan ini masih ada kemungkinan untuk bertambah lagi,” kata Rian.

“Paling banyak dipesan itu adalah kambing jenis Etawa yang harganya kisaran Rp5 juta, sedangkan sapi Rp17-Rp25 juta tergantung bobot. Bahkan, di tempat kami, jual juga sapi Limosin yang harganya mencapai Rp40 juta per ekor. Ini sudah laku dibeli oleh salah satu karyawan dari perusahaan BUMN,” jelasnya.

Saat ini menurut dia, dagangannya masih tersedia puluhan ekor kambing dan belasan ekor sapi.

Selain sebagian hewan diternak secara langsung, lanjut dia, hewan qurban yang dijual ini juga didatangkan dari Provinsi Lampung.

“Hewan qurban yang kita pasarkan juga dalam kondisi sehat karena sudah beberapa kali dicek kesehatannya oleh pihak Dokter Dinas Peternakan dan Perikanan PALI,” pungkasnya. (adj)

 

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.