Pendaftaran PPBD SMPN 6 Kayuagung Dibuka Online, Terima Empat Jalur

Kepala SMPN 6 Kayuagung Suharyanto.

Laporan : Syakbanudin

Kayuagung, Sumselupdate.com – Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 6 Kayuagung, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), mulai hari ini, Rabu (18/05/2022), melakukan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), tahun ajaran 2022/2023 secara online.

Kepala SMPN 6 Kayuagung, Suharyanto SPd, saat dikonfirmasi di ruang kerjanya, Rabu, (18/05/2022) mengatakan, sekolah yang dipimpinnya dalam penerimaan siswa baru menggunakan empat jalur.

“Yaitu, jalur zonasi, jalur afirmasi (khusus bagi siswa yang tidak mampu), jalur orang tua pindah tugas dan dengan jalur prestasi,” ujar Suharyanto.

Dikatakannya, untuk penerimaan sistem online ini dibagi dua sesi yakni dimulai sejak tanggal 18 Mei hingga 23 Mei untuk jalur zonasi, jalur afirmasi dan jalur orang tua pindah tugas. Sedangkan untuk jalur prestasi PPDB online SMPN 6 Kayuagung dibuka pada 31 Mei 2022.

Untuk zonasi SMPN 6 Kayuagung, lanjutnya, sebagaimana ditentukan Dinas Pendidikan OKI yakni meliputi wilayah Kelurahan Sukadana, Kelurahan Paku, Desa Celikah (hanya ada beberapa RT saja), Tanjung Lubuk boleh masuk, dan sebagian lagi di wilayah Kelurahan Mangun Jaya.

“Pada tahun ini kami menerima sebanyak tujuh rombongan belajar (rombel) dimana setiap rombel berisi 30 siswa artinya kita menerima sebanyak 210 siswa. Ini lebih sedikit dari tahun sebelumnya delapan rombel dan setiap rombel berisi 32 siswa, sebab menggunakan ruang laboratorium. Dan tahun ini lebih sedikit yakni 30 siswa dalam setiap rombel hal ini untuk cadangan kelas jika ada siswa yang tidak naik kelas,” terang Suharyanto.

Untuk rencana pembelajaran sendiri?, “Jika melihat perkembangan dan kondisi saat ini, mudah-mudahan dilaksanakan tatap muka penuh. Sementara saat ini masih tatap muka terbatas, namun kita masih menunggu petunjuk dari Dinas Pendidikan OKI, apalagi siswa dan tenaga pendidikan di sekolah kita sudah mencapai 80 persen lebih di vaksinasi Covid 19,” paparnya.

Suharyanto berpesan kepada orangtua siswa yang akan mendaftar di SMPN 6 Kayuagung, untuk dapat memahami berbagai petunjuk teknisnya, baik sistem zonasi, afirmasi, maupun prestasi dan pindah tugas.

“Sebab banyak yang belum paham seperti jalur pindah tugas. Jalur ini khusus untuk orang tua yang pindah tugas dari luar daerah. Seperti dari Palembang ke OKI. Bukan pindah tugas di OKI sendiri, sebab ini tidak berlaku,” tukasnya. (**)

Yuk bagikan berita ini...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.