Penampakan Buaya Kuning Hingga Hiu dan Pari Raksasa Terjaring Nelayan, Bikin Heboh Warga Teluk Kijing 1 Muba

Ikan pari dengan bobot 200 Kg yang tersangkut di jaring milik Wildan, warga Teluk Kijing 1 Musi Banyuasin

Laporan Edi Setiawan

Sekayu, Sumselupdate.com – Warga Desa Teluk Kijing 1, Kecamatan Lais, Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) mendadak heboh.

Bacaan Lainnya

Pasalnya, salah satu warga bernama Wildan (55), yang berprofesi sebagai nelayan mendapatkan seekor ikan pari seberat 200 Kilogram tersangkut di jaring miliknya.

Ikan pari raksasa itu pun masih dalam keadaan hidup.

Hal ini membuat heboh warga Desa Teluk Kijing 1. Terlebih lagi, dalam waktu kurang dari tiga minggu masyarakat setempat dikejutkan dengan penemuan-penemuan yang luar biasa di desa tersebut.

Sebelumnya, warga melihat kemunculan empat ekor buaya kuning, lalu penemuan ikan hiu dan ikan pari raksasa tersangkut di jaring nelayan yang setiap harinya mencari ikan di Sungai Batang Hari tersebut.

Mendapat informasi tentang penemuan ikan Pari raksasa tersebut, Camat Lais Demoon Hardian Eka Suza, SSTP, MSi didampingi Sekcam Lais H Masrofi dan jajarannya langsung menuju lokasi tempat ditemukannya ikan pari raksasa tersebut.

”Saya mendapat informasi sekitar pukul 07.00 Wib katanya ada seorang nelayan bernama Wildan menemukan seekor ikan pari berukuran di luar rata-rata dan saya langsung ke Desa Teluk Kijing 1 untuk melihat langsung ikan raksasa itu,” terang Camat, Sabtu (5/9/2020) kemarin.

Kemudian berdasarkan kesepakatan bersama antara pemerintah desa dan pihak Kecamatan Lais serta Wildan yang mendapatkan ikan tersebut, akhirnya ikan pari itu kembali dilepas ke sungai. Apalagi sesuai dengan Surat Edaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Musi Banyuasin (Muba) bahwa ikan Pari salah satu hewan dilindungi.

“Alhamdullilah, berdasarkan kesepakatan bersama tidak ada paksaan akhirnya ikan raksasa tersebut dilepas oleh Sekcam Lais, Kepala Desa Teluk Kijing 1 serta Wildan nelayan yang menemukan ikan besar tersebut. Selanjutnya Ikan Pari dilepas kehabitatnya di Sungai Batang Hari,” kata Camat.

Kepala Desa Teluk Kijing I Indra Gunawan membenarkan kejadian luar biasa ikan pari seberat 200 kilogram tersangkut dijaring salah satu nelayan.

“Alhamdullilah ikan tersebut telah dilepas kembali ke sungai, disaksikan Camat Lais dan warga,” pungkasnya. (**)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.