Pemkot Pagaralam Raih WTP Ketujuh Kali Berturut-turut, Ini Empat Indikatornya  

Walikota Pagaralam Alpian Maskoni, SH menerima meraih penghargaan dari Kementerian Keuangan Republik Indonesia (Kemenkeu RI) tentang Pertanggung Jawaban Laporan Keuangan Tahunan, Selasa (2/11/2021).

Laporan: Novrico Saputra

Pagaralam, Sumselupdate.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Kota Pagaralam di bawah kepemimpinan Walikota Alpian Maskoni, SH dan Wakil Walikota Muhammad Fadli, SE, kembali meraih penghargaan dari Kementerian Keuangan Republik Indonesia (Kemenkeu RI) tentang Pertanggung Jawaban Laporan Keuangan Tahunan, Selasa (2/11/2021).

Read More

Penghargaan itu dalam bentuk Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia untuk kategori tujuh tahun berturut–turut.

Adapun penghargaan tersebut disampaikan pada kegiatan Rapat Kerja Nasional Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah Tahun 2021 yang dilaksanakan Kemenkeu RI secara virtual meeting dan dihadiri langsung Menteri Keuangan Republik Indonesia Sri Mulyani Indrawati.

Usai menerima penghargaan tersebut, Walikota Alpian Maskoni menyampaikan rasa syukur sekaligus apresiasi dan ucapan terima kasih kepada semua pihak atas upaya yang dilakukan sehingga bisa meraih penghargaan ini.

Walikota Pagaralam Alpian Maskoni, SH berfoto bersama usai menerima meraih penghargaan dari Kementerian Keuangan Republik Indonesia (Kemenkeu RI) tentang Pertanggung Jawaban Laporan Keuangan Tahunan, Selasa (2/11/2021).

“Alhamdulillah, hari ini Pemerintah Kota Pagaralam dapat meraih penghargaan dari Kementerian Keuangan Republik Indonesia atas diraihnya Opini WTP untuk kategori tujuh  kali berturut-turut. Dan semua ini, tentu berkat kerja keras dan upaya seluruh SKPD yang selama ini selalu melaksanakan penatausahaan keuangan dengan baik,” ujar Walikota.

Di tempat yang sama, Plt Kepala Badan Keuangan Daerah Ade Kurniawan, SE, MSi mengaku sangat bersyukur dengan penghargaan ini.

“Pemkot Pagaralam mengedepankan penatausahaan keuangan yang professional, terukur, transparan dan dapat dipertanggung jawabkan,” tutur Ade.

Diketahui opini WTP sudah ketujuh kalinya diterima Walikota Kota Pagaralam Alpian Maskoni yakni mulai dari opini WTP atas hasil pemeriksaan LKPD tahun anggaran  2014, 2015, 2016, 2017, 2018, 2019, dan 2020.

KPPN (Kantor Pelayanan Perbendaharan Negara ) Kementrian Keuangan Cabang Lahat yang menyerahkan penghargaan itu kepada Alpian Maskoni selaku Walikota Pagaralam pada Selasa (2/11/2021).

Penyerahan piagam dan plakat penghargaan itu diraih atas capaian standar tertinggi dalam penyusunan laporan keuangan Pemerintah Kota Pagaralam tahun anggaran 2020.

“Ada Empat indikator penilaian dari kementrian keuangan untuk memberi penghargaan Opini WTP Tahun 2020, yaitu Kesesuaian Adminitrasi Keuangan, Pengungkapan Laporan Keuangan yang lengkap dan detail, Sistem pengendalian laporan keuangan secara internal dalam hal ini Kementerian Keuangan, dan terakhir Penyesuaian pengguna anggaran yang sesuai perundang-undangan,” jelas Ander saat diwawancarai Sumselupdate.com usai giat penyerahan plakat. (**)

 

Yuk bagikan berita ini...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.