Pemkab Muba Menuju PTM 100 persen

Pemkab Muba memberikan dukungan sepenuhnya untuk PTM 100 persen.

Sekayu, Sumselupdate.com – Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) mendorong serta mensupport penerapan proses Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas untuk mengurangi risiko dampak sosial negatif berkepanjangan.

Merujuk pada Surat Keputusan Bersama (SKB) Mendikbudristek, Menag, Menkes, dan Mendagri Nomor 05/KB/2021, Nomor 1347 Tahun 2021, Nomor HK.01.08/MENKES/6678/2021, Nomor 443-5847 Tahun 2021 tanggal 21 Desember 2021 tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19).

Read More

Disebutkan bahwa mulai Januari Tahun 2022 semua seluruh satuan pendidikan pada wilayah PPKM Level 1, 2 dan 3 wajib melaksanakan PTM.

Jadi pada dasarnya prinsip kebijakan pendidikan di masa pandemi Covid-19adalah mengutamakan kesehatan dan keselamatan peserta didik, pendidik, tenaga kependidikan, keluarga, dan masyarakat secara umum, serta mempertimbangkan tumbuh kembang peserta didik dan kondisi psikososial dalam upaya pemenuhan layanan pendidikan selama pandemi Covid-19.

Hal ini diungkapkan oleh Plt Bupati Musi Banyuasin Beni Hernedi SIP melalui Sekretaris Daerah Muba Drs Apriyadi MSi saat melakukan Dialog Interaktif dalam rangka Menyongsong Pembelajaran Tatap Muka 100 persen, Senin (10/1/2022) di SMA Negeri 2 Unggul Sekayu.

Lanjut Apriyadi, pada SKB 4 Menteri 2022 terdapat perubahan di mana penghentian sementara PTM di satuan pendidikan sekurang-kurangnya 14X24 jam apabila terjadi klaster penularan Covid-19di satuan pendidikan tersebut.

“Kita sangat mendukung PTM ini, karena tentunya momen ini juga dirindukan oleh para siswa dan siswi. Tapi kita harus tetap saling mengingat agar mematuhi protokol kesehatan, melakukan vaksin bagi yang belum sebagai salah satu upaya untuk melindungi diri,” ujarnya.

Adapun terkait dengan beberapa sarana yang ada di SMAN 2 Sekayu yang memerlukan bantuan ataupun perbaikan.

“Kami atas nama Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin siap membantu sebisa dan semampu kami. Karena memang ada keterbatasan kebijakan dan wewenang. Namun, terlepas dari itu kalian harus tetap semangat belajarnya. Raihlah berbagai prestasi sebagai persiapan menuju masa depan yang lebih gemilang,” tutur Sekda.

Sementara, Kepala SMA Negeri 2 Unggulan Sekayu Hendri SPd MSi menyampaikan, sejak tanggal 3 Januari 2022 SMAN 2 sudah melakukan tatap muka 100 persen.

“Jadi ini merupakan minggu kedua melakukan PTM. Dengan keterbatasan sarana maka PTM di SMAN 2 Sekayu bagi menjadi 2 shift yaitu pagi dan siang,”ucapnya.

Dalam pelaksanaan PTM 100 persen ini terdapat beberapa catatan, terkait pemantauan dan evaluasi PTM terbatas diantaranya kesiapan PTM terbatas, kasus suspek dan komorbid, laporan sekolah dan satgas penanganan Covid-19 (PC19), tingkat kepatuhan institusi terhadap protokol kesehatan, status vaksin, kasus konfirmasi serta kontak erat Covid-19yang sudah terintegrasi peduli lindungi.

“Semoga proses PTM dapat berjalan dengan baik danĀ  menambah semangat siswa untuk belajar. Kami ucapkan terima kasih kepada Sekda Muba yang sudah bersilaturahmi ke SMAN 2 Sekayu. Terima kasih atas dukungannya mudah-mudahan kedepannya baik sarana maupun prasarana di SMAN 2 Sekayu dapat semakin membaik,” pungkasnya. (rel)

Yuk bagikan berita ini...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.