Pemanfaatan CSR ke Infrastruktur Masih Minim

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Mura, Aidil Rusman

Muarabeliti, Sumselupdate.com – Pemanfaatan dana Corporate Sosial Responsibility (CSR) dari perusahaan-perusahaan yang ada di Musi Rawas (Mura), masih sangat jarang digunakan atau diarahkan ke pembangunan infrastruktur, semisal jalan dan jembatan untuk dinikmati masyarakat.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Mura, Aidil Rusman menjelaskan, selama ini pemanfaatan dana CSR lebih banyak ke pemeliharan, khusus untuk di bidang infrastruktur, karena memang diketahui banyak perusahaan lebih mengarahkan dana tersebut ke kegiatan lain, berupa bantuan dan lainnya.

Bacaan Lainnya

“Untuk dana CSR memang belum terlalu signifikan bantuannya, sebab selama ini manajemen perusahaan lebih mengarahkan dana tersebut ke hal yang sifatnya hanya pemeliharaan, seandainya ada jalan rusak diakibatkan aktivitas perusahaan,” ungkapnya.

Terlebih, untuk perusahaan minyak, diakuinya arah penggunaan dana CSR dinilai sangat minim, dikarenakan alat angkut hasil produksi perusahaan lebih banyak melalui pipa.

“Bantuan untuk pembangunan masih sangat minim. Sebenarnya sudah kita bicarakan hal ini, namun kemungkinan manajemen perusahaan yang belum ada kebijakan,” jelasnya.

Sementara untuk perbaikan jalan yang kini sedang dilakukan Dinas PU, Aidil mengaku memang ada beberapa jalan yang menjadi prioritas pihaknya, seperti jalan di HTI menuju Harapan Makmur dan Sindang Raya yang sudah rusak, termasuk sejumlah jalan poros desa lainnya.

Namun, mayoritas kerusakan dijelaskannya, lebih disebabkan termakan usia, misal yang sudah berdiri lima tahun lebih dan belum mendapatkan perbaikan sekalipun.

“Seluruh jalan di Mura ada sepanjang 2.800 KM lebih dan tidak menutup kemungkinan akan ada jalan yang kini rusak parah. Saat ini, untuk perbaikan jalan kabupaten dan jalan poros desa, ada sebanyak 87 kegiatan, baik itu pengaspalan dan pengerasan,” ungkapnya. (Ain)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.