Pelaku Pencurian Uang Milik Siswa Polri Diganjar Restorative Justice

Pelaku pencurian sujud syukur bisa berdamai.

Laporan: Haris Widodo

Palembang, Sumselupdate.com  – MES (16), pelaku pencurian uang milik siswa baru Polri di Gudang Masjid Polrestabes Palembang, sujud syukur Sabtu (18/6/2022) yang mendapatkan restorative justice untuk pertama kali di Polrestabes Palembang.

Read More

Program yang baru-baru ini dikeluarkan langsung oleh Kapolri Jendral Listyo Sigit Prabowo, didapatkan oleh Endang setelah korbannya Rizki Ardianto (21), siswa baru juga mengampuni pelaku yang belakangan juga mengetahui bahwa, uang senilai Rp400.000 miliknya yang hilang terpaksa dicuri pelaku lantaran pelaku ingin membayarkan uang kontrakkan orangtua angkatnya.

Terlihat juga korban meneteskan air mata dan memeluk korbannya serta mengucapkan terima kasih atas niat baik korban yang telah mengampuninya.

“Karena tersangka sudah tidak ada orangtua lagi. Dan melihat pelaku kurang perhatian. Maka dari itu kami mengampuninya,” ujar Rizki Ardianto kepada awak media, Selasa (21/6/2022).

Ia menceritakan, korban bersama dengan temannya dalam posisi tidur di masjid, sementara dompet korban diletakkan di saku celana dan digantungkan di gudang. Kemudian saat korban bangun dan memeriksa, celananya ternyata uang sudah hilang.

Lalu korban melihat CCTV masjid dan benar saja, pelaku terekam dan melaporkan tindakan tersebut ke SKPT Polrestabes Palembang. Dengan cepat pelaku diamankan tak jauh dari lokasi kejadian, Minggu (20/6/2022).

Sementara itu, Kasat Reskrim, Kompol Tri Wahyudi membenarkan adanya perkara pencurian dan korban mengambil langkah Restorative Justice.

“Ya sudah ada perdamaian antara korban dan pelaku, sudah mediasi hari ini di ruang Restorative Justice Polrestabes Palembang. Dan layak mendapatkannya karena yang kita ketahui pelaku sudah sejak dari kecil ditinggal kedua orang tuanya. Yang memaksa dirinya harus tinggal Bersama kedua,” katanya.

Atas kebijakan hukum tersebut pelaku dibebaskan dengan catatan tak mengulangi tindakkan Kriminal lagi. (**)

Yuk bagikan berita ini...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.