Pasca Pemilu AS, Harga Emas di Kota Palembang Turun

ilustrasi emas perhiasan/ Tirto

Laporan Haris Widodo

Palembang, Sumselupdate.com — Pasca Pemilu Amerika Serikat dengan kemenagan Joe Biden sebagai Presiden Amerika Serikat beberapa hari yang lalu ternyata berdampak pada penurunan harga emas di Indonesia, termasuk juga di Palembang.

Bacaan Lainnya

Hal tersebut dikatakan Kepala Cabang Butik Emas Palembang, Imam Sutarwo saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (23/11/2020). Menurut Imam, kebijakan politik luar negeri, pasca Biden unggul atas Donal Trump membuat penurunan harga emas di Indonesia yang berdampak juga ke Kota Palembang.

“Lewat hasil kemenangan sementara, emas turun sekitar 20-60 persen dan animo masyarakat Kota Palembang sendiri cukup tinggi dan paham atas investasi emas. Bahkan tiga bulan terakhir logam mulia milik kita di 0,5 dan 1 gram kosong di semua butik emas,” ujarnya kepada Sumselupdate.com.

Irvan, salah satu pemilik toko emas di Pasar Cinde

 

Dikatakan Imam, penjualan emas perhari yang biasanya 2 kilogram emas kini sudah naik mencapai 5 kilogram emas.

Meski ada penurunan harga, namun ternyata belum mendongkrak daya beli emas di sebagian pasar Kota Palembang seperti di Pasar Cinde.

“Seminggu ini emas mengalami penurunan dari harganya 1 juta rupiah kini turun hingga 970-930ribu rupiah. Namun, turunnya ini belum mendongkrak daya beli masyarakat. Yang beralasan untuk liburan,” ujar Irvan pedagang Pasar 16.

Dikatakannya harga emas satu suku atau per 6,7 gram di Palembang seharga Rp5,1 – Rp5,4 juta.

Transaksi jual beli pun hingga saat ini belum banyak dilakukan, karena tiga bulan terakhir puncak aksi jual dilakukan.

“Aksi jual dilakukan sejak 3 bulan terakhir dimana banyak masyarakat menjual untuk menghadapi kenaikkan kelas dan kuliah,” jelas Irvan.(**)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.