Pasarkan Lulusan, Disdik Sumsel Bentuk FKBKK SMK

Pengurus Forum BKK SMK Sumsel foto bersama usai dikukuhkan, Jum,at (27/11/2020)

Palembang, sumselupdate.com – Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Selatan (Disdik Sumsel) membentuk dan mengukuhkan Pengurus Forum Komunikasi Bursa Kerja Khusus (FKBKK) SMK  Provinsi Sumatera Selatan periode 2020-2025, Jum’at (27/11/2020), bertempat di Asrama Haji Palembang.

Pembentukan FKBKK SMK Provinsi Sumatera Selatan tersebut dihadiri oleh Kepala Disdik Sumsel yang diwakili oleh Kepala Bidang Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Mondia Boni, SE, S. Kom.

Bacaan Lainnya

“SMK sebagai subsistem pendidikan nasional yang bertanggungjawab dalam menyediakan sumber daya manusia tingkat menengah yang handal, memiliki etos kerja yang tinggi serta berintegritas dan berorientasi kepada kebutuhan pasar harus mampu mengembangkan inovasi untuk mempengaruhi perubahan kebutuhan pasar sehingga dapat mewujudkan kepuasan pencari kerja”, ujar Mondia saat memberi penguatan kapasitas kepada pengurus forum.

Mondia juga berpesan kepada pengurus FKBKK SMK Provinsi Sumatera Selatan untuk lebih mengoptimalkan peran lembaga tersebut.

“FKBKK ini merupakan ujung tombak pemasaran lulusan SMK, jangan sampai stigma bahwa SMK merupakan penyumbang terbesar penangguran menjadi benar adanya. FKBKK harus mengambil peran terdepan untuk menawarkan lulusan SMK kepada dunia usaha – dunia industri yang ada, khususnya di Provinsi Sumatera Selatan”, terangnya.

Saat ini Disdik Sumsel khususnya bidang SMK, lanjut Mondia, sedang menggarap SIKAMJA yang merupakan sebuah aplikasi penyelarasan kurikulum dan keterserapan alumni dalam sebuah aplikasi.

Sementara itu, Ketua FKBKK SMK Provinsi Sumatera Selatan terpilih Lis Parida, M. Pd. diwakili oleh Sekretaris Titik Rusyanti, S.Pd, yang juga Ketua FKBKK SMK OKU Timur memaparkan, SMK merupakan salah satu komponen pelaksanaan pendidikan sistem ganda. Sebab pihak sekolah atau yayasan mesti membangun hubungan kerja sama dengan perusahaan atau industri tertentu.

“Hal itu untuk memberikan kesempatan kepada peserta didiknya dalam mengembangkan disiplin ilmu atau keahliannya. Karena tidak mungkin bisa dilaksanakan proses pembelajaran yang mengarah kepada kompetensi jika tidak ada sinergitas antara pihak industri/usaha kerja dengan pihak sekolah.

Sebagai lingkungan kerja dimana siswa belajar keahlian dan profesional sesuai dengan tuntutan dan kebutuhan dunia kerja,” jelasnya.

Keberadaan FKBKK, sebut Titik Rusyanti, merupakan organisasi struktural tingkat kabupaten dan provinsi yang dibentuk oleh beberapa sekolah yang sudah memiliki organisasi BKK intrasekolah, baik sekolah swasta maupun negeri, dengan legalitas Dinas Tenaga Kerja (Disnaker).

“Keberadaannya guna membantu menyalurkan dan menempatkan tamatannya untuk memasuki dunia kerja sekaligus sebagai sumber informasi untuk pencari kerja,” terang Guru SMK Negeri I Belitang III OKU Timur ini.

Selain itu, FKBKK SMK Provinsi Sumatera Selatan yang diprakarsai oleh FKBKK masing-masing sekolah ini disebut difasilitasi secara penuh oleh Disdik Sumsel.

Turut hadir dalam pengukuhan Pengurus FKBKK SMK Provinsi Sumatera Selatan ini yakni Kasi Kurikulum SMK, Awalludin, DR. Kencana Sari M.Pd, serta perwakilan dari Dinas Tenaga Kerja Provinsi Sumatera Selatan. (rel)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.