Panitia HFN 2016 Rilis ‘Cetak Biru’ Festival Film bagi Kaum Muda

Hari Film Nasional 2016

Jakarta, sumselupdate.com – Di tengah berbagai agenda acara dalam rangka memperingati Hari Film Nasional (HFN) 2016, panitia HFN juga merilis cetak biru (blueprint) festival film bagi kaum muda. Cetak biru itu merupakan hasil workshop 80 sineas yang dilakukan pada awal Maret 2016.

“Saya perlu menerangkan kenapa kami memberikan sesuatu pada pemerintah. Di sini, kami sebagai rakyat Indonesia dan panitia HFN, kami akan memberikan cetak biru,” kata Ketua Panitia HFN 2016, Niniek  L. Karim kepada awak media di Balai Kota Jakarta, Rabu (30/3).

Bacaan Lainnya

Penggarapan cetak biru festival film tersebut tidak terlepas dari niat Niniek selaku ketua panitia, yang juga disetujui oleh Ketua Badan Perfilman Indonesia (BPI), Kemala Atmojo.

“Kita berniat merajut, mengajak para stakeholder dari perfilman Indonesia untuk duduk sama-sama lewat festival film kaum muda,” tegas aktris senior yang membintangi film Merry Riana: Mimpi Sejuta Dolar itu.

Dalam catatan Niniek, di luar Festival Film Indonesia (FFI) ada lebih dari 200 komunitas film muda. Belum termasuk komunitas kampus, SMA dan bahkan SD yang sifatnya lebih ke apresiasi film. “Kami merasa itu energi positif yang harus kami tampung,” katanya.

Rencananya, pada hari ini Kamis (30/3), cetak biru festival film kaum muda akan diserahkan Niniek kepada Wakil Kementerian Pariwisata, Didik Suhardi, di Balai Kota Jakarta.

Menurut Niniek, ke depan perwujudan cetak biru ini juga diawasi oleh ke- 80 sineas. “Mereka akan tetap ada dan mengawasi. Mereka akan selalu terjun untuk membantu,” kata peraih Piala Citra untuk perannya di film Ibunda (1986) ini.

Niniek berharap, langkah-langkah yang ditempuh dalam rangka HFN 2016 akan berkelanjutan dan melibatkan lintas generasi. “Kita orang tua juga bisa diajari yang muda. Itulah kita belajar lewat acara yang mempunyai nilai sustain,” tutupnya. (shn)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.