Palembang Dilanda Fenomena Hujan Es, BMKG Imbau Warga Waspada Pancaroba

Penulis: - Selasa, 21 November 2023
Butiran es yang turun dan melanda Kota Pagaralam, Sumsel, Kamis (15/4/2021) sore.

Palembang, Sumselupdate.com – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) mengungkapkan fenomena hujan es di Kota Palembang akibat musim pancaroba di wilayah itu.

Fenomena hujan butiran es tersebut viral dan memenuhi layar beranda di media sosial Instagram dan WhatsApp warga Kota Palembang, Jumat (17/11/2023).

Bacaan Lainnya

“Min, min, min, hujan es min di Palembang,” kata seseorang di video fenomena hujan es tersebut seperti dilansir Suara.com –jaringan Sumselupdate.com.

Koordinator Bidang Observasi dan Informasi BMKG Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang Sinta Andayani di Palembang mengatakan fenomena alam hujan es terjadi di Kota Palembang itu terjadi akibat musim pancaroba yang sedang terjadi saat ini.

“Memasuki musim pancaroba yaitu peralihan dari musim kemarau ke musim hujan memang memungkinkan terjadinya fenomena hujan butiran es tersebut,” kata Sinta.

Baca Juga: Jangan Lupa Ramaikan Tablig Akbar dan Donasi Palestina

Ia menambahkan bahwa warga Sumatera Selatan harus mewaspadai fenomena musim pancaroba

“Hujan deras, angin kencang, puting beliung, kilat, petir, hingga fenomena hujan es, bisa terjadi akibat musim pancaroba ini,” jelasnya.

Baca Juga: Siap-siap Rabu Nanti, Perumda Tirta Musi Palembang Kembali Stop Air Bersih, Ini Wilayah yang Terdampak

Ia menambahkan wilayah paling berpotensi cuaca ekstrem belum bisa diprediksi. Namun tidak menutup kemungkinan seluruh wilayah Sumsel bisa terjadi cuaca ekstrem yang menimbulkan bencana.

Karena warga diminta waspada dengan melihat indikasi cuaca ekstrem berupa awan tebal seperti awan colomunimbus. (src)


Bantu Kami untuk Berkembang

Mari kita tumbuh bersama! Donasi Anda membantu kami menghadirkan konten yang lebih baik dan berkelanjutan. Scan QRIS untuk berdonasi sekarang!


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.