Optimasi Lahan Rawa, Wabup Bangka Barat Serahkan Bantuan Alsintan ke Kelompok Tani

Penulis: - Kamis, 20 Juni 2024
Suasana acara penyerahan secara simbolis alat dan mesin pertanian bantuan hibah dari Kementerian Pertanian tahun 2024 di Lapangan Parkir Timur Pemkab Bangka Barat, Kamis (20/6/2024).

Bangka Barat, Sumselupdate.com – Wakil Bupati Bangka Barat Bong Ming Ming, SE didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Bangka Barat serta unsur Forkopimda Bangka Barat menyerahkan secara simbolis alat dan mesin pertanian bantuan hibah dari Kementerian Pertanian  tahun 2024 di Lapangan Parkir Timur Pemkab Bangka Barat, Kamis (20/6/2024)

Bantuan alat mesin dan pertanian (Alsintan) ini merupakan salah satu bentuk pendampingan dari kegiatan optimasi lahan rawa di Kabupaten Bangka Barat.

Bacaan Lainnya

“Sudah waktunya kita, terutama Kabupaten Bangka Barat melakukan olah pertanian dengan teknologi dengan  tujuan apa efisiensi, peningkatan produksi, dan sebagainya,” ujar Wakil Bupati Bangka Barat, Bong Ming Ming dalam sambutannya.

Bong Ming Ming berharap GAPOKTAN tetap semangatnya dalam meningkatkan produksinya.

“ Mari kita buktikan bahwa petani-petani Bangka Barat adalah yang terbaik di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dalam hal pertanian, walaupun saat ini pertanian Bangka Barat masih menggunakan pertanian secara manual akan tetapi hasilnya tidak kalah bagus sama petani yang ada di kabupaten lainnya  seperti tanaman lada yang sangat popular di Pulau Bangka dengan hasil yang melimpah,“ terangnya.

Bong Ming Ming mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Pertanian atas bantuan ini, semoga bantuan ini kedepannya bisa mengoptimalisasi pertanian yang ada di Bangka Barat dengan harapan di tahun 2025 hingga 2026 baik pembinaan dan peralatan Bangka Barat menjadi salah salah satu mewujudkan Swasembada Beras.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Bangka Barat, Azmal AZ, SP, MEP menerangkan sebanyak 9 kelompok tani d 3 Kecamatan se-Kabupaten Bangka Barat mendapatkan bantuan Kementerian Pertanian berupa Alat dan Mesin Pertanian (Alsintan) yang bersumber dari dana APBN 2024.

“Selain itu melalui 8 Kelompok tani di 2 kecamatan juga mendapatkan bantuan sarana produksi kegiatan  peningkatan produksi buah dan flokultura dari Direktorat Buah dan Florikultura Kementerian Pertanian tahun anggaran 2024,” katanya.

Azmal berharap bantuan alsintan ini dapat mempermudah dan mempercepat proses pengolahan lahan pertanian, meningkatkan efisiensi dan efektifitas kerja para petani, menurunkan biaya produksi, serta meningkatkan hasil panen yang berkualitas.

Azmal mengingatkan petani mempergunakan sebaik-baiknya bantuan alsintan ini secara maksimal sesuai dengan peruntukannya.

Apabila tidak dioptimalkan maka akan dialihkan ke kelompok lainnya yang membutuhkan serta setiap kelompok wajib menyampaikan laporan alsintan secara berkala.

Di tempat yang sama, Danrem 045/Garuda Jaya Brigjen TNI Safta Feryansah mengatakan, bantuan alsintan ini tujuannya untuk membantu kelompok petani meningkatkan produksi pertanian.

“Bantuan ini sebagai bentuk perhatian dan dukungan dari pemerintah pusat untuk meningkatkan kesejahteraan para petani. Semoga dengan bantuan alsintan ini bisa mempermudah dan mempercepat proses pengolahan lahan pertanian serta meningkatkan hasil panen,“ harapnya.

“Kita dari TNI AD siap mendukung program pembangunan pemerintah daerah di sektor pertanian dan siap berkolaborasi dengan Pemerintah Kabupaten Bangka Barat dalam bentuk ketahanan pangan,“ tandasnya.

Sebagaimana diketahui penyerahan bantuan alsintan berupa traktor roda 4 sebanyak 5 unit, traktor crawler I unit, traktor roda 2 sebanyak 12 unit, pompa air 3 unit serta bantuan sarana produksi bagi Poktan Delis Tani Desa Air Belo seluas 10 hektar, Poktan Bina Tani Kelurahan Menjelang 9 hektar, Poktan Setason Sekawan Desa Pelangas 20 hektar, dan Putra Mayang Desa Maya. (**)

Bantu Kami untuk Berkembang

Mari kita tumbuh bersama! Donasi Anda membantu kami menghadirkan konten yang lebih baik dan berkelanjutan. Scan QRIS untuk berdonasi sekarang!


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.