OKI Tuntaskan Kawasan Kumuh Perkotaan

Wakil Bupati OKI, HM Djakfar Shodiq saat menyimak audensi rombongan Balai prasarana permukiman wilayah Sumatera Selatan

Kayuagung, Sumselupdate.com – Wakil Bupati OKI, HM Djakfar Shodiq terima audensi rombongan Balai prasarana permukiman wilayah Sumatera Selatan yang digelar dalam rangka menyampaikan tugas pokok dan fungsi Balai Prasarana Permukiman Wilayah Sumatera Selatan di Ruang Sekda OKI, Kamis (30/1/2020).

Audensi ini bertujuan untuk memantapkan sinergi yang sudah terjalin antara Balai Prasarana Permukiman Wilayah Sumsel dengan Kabupaten OKI, sehingga banyak menghasilkan pembangunan di berbagai sektor.

Bacaan Lainnya

Di tahun 2019, Kabupaten Ogan Komering Ilir menerima kucuran dana 32 miliar yang diantaranya untuk pembangunan program optimalisasi PAM KK Lempuing, program infrastruktur sosial ekonomi wilayah (PISEW) di Kecamatan Mesuji, Mesuji Raya, Cengal, dan Tulung Selapan.

Selanjutnya, program sanitasi berbasis masyarakat (sanimas) padat karya di Desa Merangin, Tanjung Beringin, Jambu Ilir, Sukadamai, Menggeris II, Tanjung Sari, Tanjung Sari II, dan Benawa.

Program Kota Tan Kumuh Kecamatan Kayuagung, Program Sanimas di Kecamatan Kayuagung, program penyedian air minum dan sanitasi berbasis masyarakat (Pamsimas) di Kecamatan SP Padang, Tanjung Lubuk, Lempuing, Lempuing Jaya, Mesuji Raya, Pedamaran Timur, Tulung Selapan, dan Teluk Gelam.

Program Pengembangan Jaringan Perpipaan di Kecamatan Tanjung Lubuk, Pampangan, Teluk Gelam dan SP Padang, program sumur bor di Kecamatan Jejawi dan Teluk Gelam dan Program Hibah Air Minum per desa.

“Kegiatan Balai Prasarana Permukiman Wilayah Sumatera pada dasarnya mengenai penangan permukiman kumuh dan pembangunan sarana dan prasarana di sektor permukiman, pendidikan, dan olahraga yang dilaksanakan oleh pemerintah pusat dan pemerintah daerah,” ungkap Ahmad dari Balai Prasarana Permukiman Wilayah Sumatera Selatan.

Ke depan Ahmad juga menyarankan Pemkab OKI, agar dapat menuntaskan Perda Kawasan Kumuh agar bantuan yang didapat dari pemerintah pusat lebih masif, terlebih OKI masuk dalam wilayah prioritas nasional Patung Raya Agung (Palembang-Betung- Indralaya-Kayuagung).

Wabup OKI, HM Djakfar Shodiq berterima kasih kepada Pemerintah Pusat yang telah memfasilitasi pembangunan di Kabupaten Ogan Komering Ilir.

“Memang merupakan sebuah tantangan untuk melakukan pemerataan pembangunan di Kabupaten OKI, mengingat luas wilayah mencapai 19.000 KM2. Sewaktu saya kunjungan ke Kecamatan Sungai Menang dalam rangka pelantikan Kades, saya pun mendengar langsung dari masyarakat
kebutuhan tentang pengelolaan air bersih, saya berharap sinergi ini dapat menjawab kebutuhan masyarakat tersebut,” ujar HM Djakfar Shodiq.

Di akhir acara dilakukan penandatangan berita acara serah kelola sementara paket-paket yang telah dikerjakan di tahun 2019. (ban)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.