Wabup OKI Hadiri Pencanangan Hari Bulan Bakti Gotong Royong Tingkat Kabupaten

Wakil Bupati OKI HM Dja'far Shodiq dalam sambutannya pada acara Pencanangan Hari Bulan Bakti Gotong Royong Tingkat Kab. OKI ke XVIII Tahun 2021 di Desa Sukamaju, Lempuing Jaya, Selasa (10/11/21)

Laporan : Syakbanudin

Kayuagung, Sumselupdate.com – Perkembangan zaman telah membawa manusia menuju peradaban yang semakin maju, tetapi bukan berarti harus meninggalkan akar kebudayaan yang telah lama ada di tengah masyarakat yang bersifat positif termasuk di antaranya budaya gotong royong.

Read More

“Perkembangan zaman jangan sampai menggerus budaya gotong royong yang telah melembaga dan mengakar di kehidupan masyarakat kita, kegiatan kita hari ini adalah upaya untuk meningkatkan kepedulian dan peran aktif masyarakat dalam pembangunan,” ujar Wakil Bupati OKI HM Dja’far Shodiq dalam sambutannya pada acara Pencanangan Hari Bulan Bakti Gotong Royong Tingkat Kab. OKI ke XVIII Tahun 2021 di Desa Sukamaju, Lempuing Jaya, Selasa (10/11/21).

Gotong royong sendiri merupakan budaya asli dari bangsa Indonesia, gotong royong merupakan kegiatan yang dilakukan secara bersama dan bersifat suka rela. Perilaku ini telah dimiliki sejak dahulu kala dan telah menjadi ciri khas bangsa Indonesia

“Agenda rutin tahunan pencanangan Bulan Bakti Gotong Royong ini sendiri diatur dalam Permendagri No. 42 Tahun 2005 tentang pedoman penyelenggaraan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat. Hal ini penting untuk dilaksanakan dan terus dipupuk agar semangat kebersamaan dari gotong royong terus mengakar dan melembaga dalam kehidupan bermasyarakat,” sambung Shodiq.

Kegiatan ini khususnya ditujukan untuk masyarakat desa di Ogan Komering Ilir agar bersama-sama membangun, berperan aktif dalam mengisi pembangunan dengan meningkatkan rasa memiliki dan tanggung jawab terhadap hasil-hasil pembangunan di Kabupaten Ogan Komering Ilir.

“Desa diibaratkan sebagai akar yang harus kuat untuk menopang pohon yaitu Kabupaten Ogan Komering Ilir, dengan desa-desa yang kuat dan saling bersinergi dalam pembangunan maka Kabupaten OKI akan kokoh dan semakin maju,” papar Shodiq.

Dalam acara tersebut juga diserahkan berbagai penghargaan kepada desa-desa inovatif yang memberikan kontribusi aktif dalam pembangunan di Kabupaten OKI serta dilakukan peninjauan terhadap Taman Tanaman Obat Keluarga (Toga), Produk Hasil UP2K dan Kebun Sayur yang ada di Desa Sukamaju. (**)

Yuk bagikan berita ini...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.