Obama Kritik Respons Pejabat AS atas Wabah Corona

Presiden AS Barrack Obama

New York, Sumselupdate.com – Mantan Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama mengkritik kinerja para pemimpin AS dalam merespons wabah virus Corona. Obama menyampaikan kritiknya itu dalam pidato onlinenya untuk acara kelulusan para wisudawan perguruan tinggi.

Seperti dilansir The Associated Press (AP), Minggu (17/5/2020) kritik Obama itu disampaikan dalam pidato bertajuk “Show Me Your Walk, Edisi HBCU,” di sebuah acara kelulusan wisudawan dari sekolah tinggi dan universitas kulit hitam yang disiarkan di YouTube, Facebook, dan Twitter pada Sabtu (16/5), seperti dikutip Detikcom.

Bacaan Lainnya

“Lebih dari segalanya, pandemi ini telah sepenuhnya, akhirnya merobohkan tirai pada gagasan bahwa begitu banyak orang yang bertanggung jawab tahu apa yang mereka lakukan,” kata Obama.

Obama tidak menyebut nama Presiden Donald Trump atau pejabat federal atau negara bagian lainnya dalam pidatonya. Namun awal bulan ini, ia mengkritik keras penanganan Trump terhadap pandemi sebagai “bencana kekacauan mutlak”. Obama melanjutkan, bahwa ada isu ketidaksetaraan dalam pandemi ini.

“Mari kita jujur: Penyakit seperti ini hanya menyoroti ketidaksetaraan yang mendasar dan beban ekstra yang secara historis harus dihadapi oleh komunitas kulit hitam di negara ini. Kami melihatnya dalam dampak COVID-19 yang tidak proporsional pada komunitas kami,” ungkap Obama.

Obama menjelaskan ketidakadilan seperti ini bukan hal baru. Dia berpesan agar para wisudawan punya cara untuk memperbaiki masalah ini.

“Ketidakadilan seperti ini bukan hal baru. Apa yang baru adalah bahwa begitu banyak dari generasi Anda telah menyadari fakta bahwa status quo perlu diperbaiki, bahwa cara-cara lama dalam melakukan sesuatu tidak bekerja. Jika dunia akan menjadi lebih baik, itu akan terserah Anda,” jelas Presiden AS kulit hitam pertama itu.(dtc/adm5)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.