Nyaris Tewas Diamuk Massa, Pelaku Curanmor Diamankan Polisi Satu Berhasil Melarikan Diri

Sepeda motor pelaku yang dibakar massa

Muaraenim, Sumselupdate.com – Seorang pelaku pencurian kendaraan bermotor dengan kekerasan berhasil diamankan jajaran Polsek Lembak pada Selasa (28/7/2020), sekitar pukul 14.00 WIB. Sebelum diamankan oleh petugas kepolisian pelaku diamuk massa hingga nyaris tewas.

Diketahui pelaku tersebut bernama Engki Purba (31), warga Kecamatan Gelumbang, Kabupaten Muaraenim dan satu temannya lagi LD masih dalam pengejaran polisi dan dimasukkan dalam Daftar Pencarian Orang Polsek Lembak, Polres Muaraenim.

Bacaan Lainnya

Informasi dihimpun, pelaku bersama temannya hendak mencuri sepeda motor korban dengan paksa  di Jalan umum antara Desa Sialingan dengan desa Tanjung Bunut tepatnya di Desa Tanjung Bunut, Kecamatan Belida Darat, Kabupaten Muaraenim.

Kapolres Muaraenim AKBP Donni Eka Syahputra melalui Kapolsek Lembak Iptu Desi Azhari mengatakan, kejadian tersebut diketahui setelah mendapatkan informasi dari Kepala Desa Sialingan bahwa telah terjadi pencurian kendaraan bermotor dan salah satu pelaku berhasil ditangkap dan diamuk warga.

Dari informasi tersebut dirinya bersama personelnya menuju ke TKP dan mengamankan pelaku pencurian tersebut dari amukan warga dan membawanya ke Rumah Sakit Orabumulih untuk diberikan perawatan medis.

“Dari keterangan korban dan saksi mengatakan pada saat itu Korban bersama dengan temannya hendak pulang dari desa Tanjung Bunut ke desa Sialingan Kecamatan Belida Darat dengan sepeda motor Honda Beat BG 3271 DAF, di tengah perjalanan  tepatnya masih di Desa Tanjung Bunut, Kecamatan Belida Darat, Kabupaten Muaraenim, korban dan temannya dihadang oleh dua orang pelaku yang menggunakan sepeda motor Yamaha Jupiter warna merah dan menyuruh korban berhenti,” ungkap Desi, Selasa (28/7/2020) dalam siaran persnya.

Desi mengatakan, karena ada yang menghentikan kemudian korban stop dan salah satu pelaku turun sambil menodongkan pisau ke leher memaksa korban untuk menyerahkan sepeda motornya.

“Korban sempat melawan hingga pelaku merampas kunci dan membawa kabur sepeda motor korban ke arah Desa Sialingan. Namun secara kebetulan pada saat itu orangtua korban sedang berada di jalan dengan tujuan ke PT BSP. Di tengah perjalanan orangtua korban melihat para pelaku yang melintas dan orangtua korban mengenali sepeda motor tersebut adalah miliknya. Spontan dia berteriak Maling dan mengejar para pelaku. Karena panik, salah satu pelaku yaitu Engki Purba yang mengendarai sepeda motor Yamaha Jupiter MX terjatuh dan diamuk oleh massa, sedangkan pelaku berinisial LD tetap melaju dengan sepeda motor korban sehingga dikejar oleh orangtua korban,” urainya.

Selanjutnya Desi mengungkapkan rangtua korban terus mengejar salah satu pelaku lainnya yang kemudian ditabrak ke sepeda motor yang dibawa oleh pelaku sehingga keduanya terjatuh.

Melihat orangtua korban semakin nekat, pelaku LD memukul kepala orangtua korban dengan batu dan melarikan diri.

Dengan adanya kejadian ini terang Desi, Kades  Sialingan menghubungi Polsek Lembak.

“Pada saat anggota kita datang ke TKP pelaku Engki Purba sudah terbaring dalam sebuah kendaraan R4 dengan mengalami luka-luka akibat benda tajam dan memar. Sedangkan sepeda motor pelaku hangus dibakar massa. Hingga selanjutnya pelaku dibawa ke Rumah Sakit Umum Prabumulih untuk perawatan medis dan dirawat inap,”pungkas mantan kanit di Samsat ini.

Adapun barang bukti yang berhasil diamankan berupa 1 (satu) unit sepeda motor Honda beat warna putih BG 3271 DAF (milik korban) dan 1 (satu) unit Sepeda motor merk Yamaha jupiter hangus terbakar milik pelaku Engki Purba. (dan)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.