Nekat Seberangi Sungai Lematang dengan Berenang, Seorang Warga Ujanmas Ulu Tewas Tenggelam

Petugas mengevakuasi jasad Suhaidi yang tewas tenggelam setelaah nekat menyeberangi Sungai Lematang untuk pulang ke rumah, Jumat (21/1/2022).

Laporan: Endang Saputra

Muaraenim, Sumselupdate.com – Sungguh nekat apa yang dilakukan Suhaidi (56), warga Desa Persiapan Ujanmas Ulu, Kecamatan Ujanmas, Kabupaten Muaraenim, Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) ini.

Read More

Maksud hati berniat ingin cepat sampai di rumah, Suhaidi nekat menyeberang Sungai Lematang dengan cara berenang tanpa menggunakan alat pengaman.

Tak pelak, akibat aksi nekatnya, pria berprofesi petani ini akhirnya hanyut dan tenggelam di Sungai Lematang, Kamis (20/1/2022), sekitar pukul 18.00 WIB.

Jasad Suhaidi sendiri ditemukan keesokan harinya atau hari ini Jumat (21/1) sekitar pukul 13.32 WIB, tak jauh dari lokasi tenggelamnya korban.

Informasi dihimpun, peristiwa tragis ini bermula sekitar pukul 12.30 WIB, korban pamitan dengan istrinya Zahra (54) untuk melihat kebun duku di seberang Sungai Lematang.

Sekitar pukul 12.45 WIB, dua warga setempat Harun (40) dan Herwin (48) sempat bertemu dengan korban di pangkalan perahu yang berjarak sekitar 50 meter dari rumah korban.

Lalu korban ikut menumpang di perahunya menyeberang Sungai Lematang untuk pergi ke kebun duku. Sampai di seberang, korban pun turun dari perahu dan pergi berjalan kaki menuju kebunnya.

Kemudian sekitar pukul 14.00 WIB, salah seorang warga bernama Hasmi Parudin, melihat korban dari jarak sekitar seratus meter dari pinggir kebun duku, sedang berenang untuk menyeberangi Sungai Lematang.

Sekitar 15 meter lagi menuju daratan, tiba-tiba korban berteriak minta tolong. Diduga kuat korban kehabisan tenaga, sehingga tenggelam di Sungai Lematang yang cukup deras.

Petugas mengevakuasi jasad Suhaidi yang tewas tenggelam setelaah nekat menyeberangi Sungai Lematang untuk pulang ke rumah, Jumat (21/1/2022).

Atas kejadian itu, warga Ujan Mas Ulu langsung melakukan pencarian menggunakan perahu. Sebagian warga melapor ke pemerintah desa. Diteruskan ke Polsek Gunung Megang, BPPBD, dan pihak terkait.

Kapolres Muaraenim AKBP Aris Sudaryanto melalui Kabag Ops Kompol Imanuhadi didampingi Kapolsek Gunung Megang AKP Herly Setiawan membenarkan kejadian tersebut.

“Benar adanya warga desa Persiapan Ujanmas Ulu ada yang tenggelam,” ungkapnya.

Sementara itu, Kadin DPKP Muaraenim Yulius melalui Koordinator Rescue Kabuaten Muaraenim Edi Ramlan, mengatakan proses pencarian dilakukan radius dua kilometer dari lokasi korban tenggelam.

“Kita telah melakukan pencarian sejak pagi tadi dan alhamdulillah sekitar pukul 13.32 Wib siang, jasad korban ditemukan tidak jauh dari lokasi tenggelam atau sekitar 200 meter,” ujarnya.

Edy menambahkan jenazah korban sudah dibawa pihak keluarga untuk diurus dan dimakamkan.

“Korban telah dibawa ke rumah duka untuk diurus dan dimakamkan oleh pihak keluarga,” pungkasnya. (**)

 

Yuk bagikan berita ini...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.