Negara Rumania Mulai Lirik Kopi Robusta Pagaralam

Walikota Pagaralam Alpian Maskoni saat menerima kunjungan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) untuk Negara Rumania M Amhar Azeth bersama tim ahli dan calon Investor dari Rumania Emil Sirbu, Ali Abshaev, Viorellonescu, dan Supri di rumah dinas Walikota Pagaralam, Kamis (16/12/2021) malam.

Laporan: Novrico Saputra

Pagaralam, Sumselupdate.com – Terima kunjungan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) untuk Rumania dan calon investor dari Rumania, Walikota Pagaralam Alpian Maskoni berharap kopi robusta Pagaralam dapat tembus pasar Internasional.

Read More

Hal tersebut disampaikan Walikota Pagaralam saat menerima kunjungan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) untuk Negara Rumania M Amhar Azeth bersama tim ahli dan calon Investor dari Rumania Emil Sirbu, Ali Abshaev, Viorellonescu, dan Supri di rumah dinas Walikota Pagaralam, Kamis (16/12/2021) malam.

Kunjungan Duta Besar beserta calon investor tersebut bertujuan untuk silaturahmi serta melakukan survei lapangan sebagai langkah awal untuk menentukan investasi yang cocok di Kota Pagaralam.

“Suatu kebahagiaan tentunya bagi kami, karena pada malam hari bapak Duta Besar dan tim calon investor telah menyempatkan diri untuk datang secara langsung ke Kota Pagaralam,” ujar Walikota.

Pada kesempatan tersebut Walikota Pagaralam melakukan pemaparan gambaran tentang Kota Pagaralam mulai dari sejarah Kota Pagaralam, produk unggulan, objek wisata, akses jalan serta potensi lainnya.

“Rasanya kurang lengkap jika Bapak KBRI dan Tim calon investor tidak menikmati produk-produk hasil pertanian di Kota Pagaralam seperti Kopi Robusta, Salak, Jeruk Gerga, dan lainnya serta mengunjungi spot-spot wisata yang ada di Kota Pagaralam sembari menikmati udara yang segar dan masih alami,” tambah Walikota.

Walikota Pagaralam Alpian Maskoni menyerahkan cindera mata kepada KBRI untuk Rumania M Amhar Azeth.

Walikota juga berharap dengan kehadiran KBRI dan tim calon investor ini dapat menjadi jalan dari kopi robusta Pagaralam, untuk dapat menembus pasar internasional, khususnya Rumania guna meningkatkan perekonomian masyarakat di Kota Pagaralam.

Sementara itu, KBRI untuk Rumania M Amhar Azeth menyebutkan calon investor dari Rumania ini merupakan perusahaan swasta yang bergerak dalam bidang rekayasa cuaca.

“Jika dilihat dari iklim di Kota Pagaralam ini, calon investor menyebutkan telah menyiapkan beberapa opsi investasi yang sesuai, seperti Kopi Robusta Pagaralam, Packaging Teh PTC, Perkebunan Anggur, Apel, peternakan sapi perah, dan pengelolaan susu sapi,” ungkap KBRI.

Sebelum adanya MoU, KBRI mengundang Walikota Pagaralam beserta jajaran pada awal tahun 2022, untuk datang ke Rumania guna meninjau alat rekayasa cuaca secara langsung.

Apabila nantinya memang terjadi MoU antara calon investor Rumania dan pihak Provinsi Sumatera Selatan dan Pemkot Pagaralam, calon investor berjanji untuk memberdayakan tenaga kerja dari masyarakat Kota Pagaralam.

Selanjutnya, KBRI dan calon investor akan melaksanakan survei lapangan, terkhusus perkebunan anggur dan apel dengan mengambil sampel tanah, untuk menentukan jenis anggur yang cocok ditanam di sekitar kawasan Gunung Dempo. (**)

Yuk bagikan berita ini...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.