NasDem Tak Diundang di Kumpul Bareng Jokowi, Sinyal Johnny G Plate Diganti?

Minggu, 2 April 2023
Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate (tengah) memberikan keterangan usai menjalani pemeriksaan sebagai saksi di Kejaksaan Agung, Jakarta Selatan, Rabu (15/3/2023). [Suara.com/Alfian Winanto]

Jakarta, Sumselupdate.com – Jelang reshuffle kabinet, Presiden Joko Widodo atau Jokowi menggelar rapat tertutup dengan sejumlah ketua umum (ketum) partai politik (parpol).

Pertemuan ini dilakukan di sela-sela acara Silaturahmi Ramadhan di Kantor DPP PAN, pada Minggu (2/4/2023) hari ini sekitar pukul 14.00 WIB.

Bacaan Lainnya

Dilansir Suara.com –jaringan Sumselupdate.com kabarnya reshuflle dilakukan saat Jokowi melantik Menpora baru pekan depan. Sementara itu, beberapa parpol yang tak diundang dalam pertemuan, yakni NasDem, PKS, dan Demokrat.

Hal ini lantas semakin menguatkan kode reshuffle Sekjen NasDem, Johnny G Plate dari posisi Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo).

Tidak diundangnya ketiga partai itu disampaikan oleh Wakil Ketua Umum PAN Yandri Susanto. Sementara yang datang, yakni Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Ketum Gerindra Prabowo Subianto, Ketum PAN Zulkifli Hasan, Ketum PKB Muhaimin Iskandar, serta Ketum PPP Mardiono.

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri mungkin diwakilkan karena sedang berada di Jepang. Yandri kemudian mengatakan bahwa awak media kemungkinan sudah mengetahui mengapa NasDem, PKS, dan Demokrat tidak diundang.

“Alasan (NasDem, PKS, Demokrat tak diundang) mungkin teman-teman sudah tahu kali ya,” kata Yandri di Kantor DPP PAN, Minggu (2/4/2023)

Kode Reshuffle Johnny G Plate?

Beredar kabar bahwa buntut deklarasi bakal calon presiden (capres) Anies Baswedan oleh NasDem, membuat jajaran menteri dari partai ini akan dirombak. Tak terkecuali Menkominfo Johnny G Plate. Namun informasinya masih simpang siur atau belum jelas.

PKS dan Demokrat pun turut mendukung capres Anies hingga membentuk Koalisi Perubahan bersama NasDem. Seluruh partai ini tidak diundang dalam pertemuan bersama Jokowi sehingga memicu dugaan kuat jika para menteri NasDem termasuk Johnny akan di-reshuffle.

Namun, Waketum Partai NasDem Ahmad Ali menilai bahwa pertemuan Jokowi dengan sejumlah ketum partai mungkin diagendakan membahas soal pembentukan koalisi. Maka dari itu, NasDem tidak diundang lantaran sudah tergabung Koalisi Perubahan.

PDI-P sebelumnya juga sempat mendorong Jokowi akan melakukan reshuffle pada menteri-menteri dari Nasdem. Mereka adalah Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, dan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurabaya Bakar yang diminta undur diri apabila tidak lagi satu visi dengan presiden.

Johnny G Plate sendiri mengaku siap jika Jokowi melakukan reshuffle kabinet. Sebagai pembantu presiden, katanya, sudah sepatutnya mematuhi keputusan apapun yang dibuat. Ia sebagai menteri akan melaksanakan kebijakan serta arahan orang nomor satu di Indonesia tersebut.

“(Siap jika direshuffle) secara pribadi apalagi, kita di sini (menteri) sebagai pembantu presiden. Melaksanakan kebijakan dan arahan Presiden. Itu (reshuffle kabinet) sepenuhnya ada di Presiden,” ujar Johnny di kantornya, Rabu (4/1/2023). (src)

 

 

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.