Nasdem Akan Uji Argumen PKB soal Usulan Pembubaran DPD

Selasa, 16 Februari 2016
Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh

Jakarta, Sumsepupdate.com – Ketua Umum Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Surya Paloh akan berkomunikasi dengan petinggi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) terkait usulan PKB untuk membubarkan institusi Dewan Perwakilan Daerah (DPD).

Surya akan menguji argumentasi petinggi PKB soal pembubaran DPD tersebut.

Bacaan Lainnya

“Nasdem ingin duduk bersama, elaborasi pikiran ini. Kita cari titik temunya. Kalau argumentasi PKB lebih kuat, kita ikut bersama PKB. Ya kenapa tidak? Tapi kalau memang masing-masing punya argumentasi yang seimbang? Berarti itu butuh pendalaman lebih lanjut,” ujar Surya di kantor DPP Nasdem, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (16/2/2016).

Nasdem lebih sepakat DPD tidak perlu dibubarkan. Namun, fungsi dan wewenang lembaga itu memang perlu dievaluasi karena selama ini dianggap kurang efektif.

“Kalau menelaah, mencoba meningkatkan posisi dan peran sebagai lembaga negara, Nasdem akan mendukung itu. Harusnya bisa ditingkatkan kalau memang itu diperlukan di dalam penyelenggaraan sistem ketatanegaraan kita,” ujar Surya.

Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat PKB Muhaimin Iskandar mengatakan, arus kuat pengurus daerah partainya menghendaki agar DPD dibubarkan karena dianggap tidak berfungsi sama sekali.

“Jadi, arus kuat teman-teman dari diskusi Forum Musyawarah Kerja Provinsi banyak yang menganggap DPD tidak berfungsi sama sekali, karena di satu provinsi hanya ada empat anggota DPD,” ujar Muhaimin dalam Musyawarah Kerja Nasional PKB di Jakarta, Jumat (5/2/2016). (adm3)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.