Mukhlisuddin: Performa Penghulu Menentukan Citra Lembaga

Kakanwil Kemenag Sumsel Mukhlisuddin SH, MA.

Palembang, Sumselupdate.com-Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Sumsel Mukhlisuddin, SH, MA, membuka secara resmi kegiatan Sosialisasi Regulasi Kepenghuluan se-Sumatera Selatan Tahun 2020 di Hotel Sintesa Peninsula, Palembang, Jumat (16/10). Kegiatan ini diikuti 40 peserta yang terdiri dari Kepala Seksi Bimas Islam, penghulu, dan Kepala KUA se-Sumsel.

Kakanwil Kemenag Sumsel, Mukhlisuddin SH, MA dalam arahannya menuturkan, penghulu merupakan ujung tombak Kementerian Agama dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Karenanya, kualitas penghulu harus ditingkatkan, baik dari sisi pengetahuan dan wawasan, maupun dari sisi karakter penghulu itu sendiri.

Bacaan Lainnya

“Tugas kalian para penghulu, Kepala KUA, dan kepala seksi amatlah mulia. Kalian ada di garda terdepan yang langsung berhubungan langsung dengan masyarakat. Kenapa mulia, karena tugas kalian adalah memberikan pelayanan. Karena sifatnya pelayanan, maka harus prima. Baik dari sisi pengetahuan dan wawasan mengenai peraturan perundangan maupun dari sisi etika dan performance. Performance itu penting karena menentukan citra lembaga. Perhatikan pakaian yang dikenakan, peci, dan lain sebagainya, jangan sembarangan,” pesan Mukhlisuddin.

Dia berharap, para Kepala KUA/penghulu hendaknya dapat menjalankan tugasnya dengan penuh tanggung jawab sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN).

“Datanglah ke lokasi pencatatan nikah tepat waktu. Kalau kira-kira terlambat beritahu tuan rumah. Kalau memang tidak bisa datang, jangan sungkan untuk mewakilkan. Itu boleh saja. Saya harap penghulu lebih meningkatkan profesional dan kompetensi sehingga kualitas pelayanan kepada masyarakat bisa ditingkatkan,” jelas Mukhlisuddin.(Ron)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.