Modus Jadi Makelar Kasus, Oknum LSM OKUT Diamankan

Kepala Kejaksaan Negeri OKUT, Akmal Kodrat saat pers release, di Kantor Kejaksaan Negeri OKUT.

Laporan: Rahmat Agusman.

Martapura, Sumselupdate.com – Seorang oknum ketua Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) di Kabupaten OKU Timur, diamankan pihak kepolisian. Pemanggilan oknum LSM tersebut adanya laporan seorang warga yang merasa dirugikan.

Oknum LSM berinisial KB ini diduga melakukan penipuan dan penggelapan uang sebesar Rp85 juta, dengan modus sebagai Makelar Kasus (Markus).

Hal ini diungkapkan langsung oleh Kepala Kejaksaan Negeri OKUT, Akmal Kodrat saat pers release, di Kantor Kejaksaan Negeri OKUT, Jumat (26/03/2021).

Akmal menjelaskan, oknum LSM berinisial KB tersebut, tak hanya melakukan penipuan dan penggelapan uang saja, namun juga membawa nama institusi Kejaksaan Kabupaten OKU Timur, untuk meyakinkan korbannya. Tidak tanggung-tanggung KB menyebutkan nominal uang yang harus dipenuhi si korban sebagai uang jaminan terhadap kasus suami korban yang akan diselesaikan oleh oknum LSM itu di Kejaksaan.

“Oknum KB mengaku pada korbannya, bisa menguruskan kasus pidana kebakaran hutan pada suami korban yang kasusnya sudah dalam penuntutan kejaksaan. Tapi dengan syarat menyiapkan uang sebesar Rp85 juta dengan alasan dipergunakan mengurus di kejaksaan. Setelah dikonfirmasi langsung pada oknum tersebut dan korban,” jelasnya.

Ketika KB dipertemukan dengan korban, tambah Akmal, oknum LSM tersebut tidak bisa mengelak, karena korban menunjukan bukti-bukti perjanjian yang ditanda tangani oleh kedua belah pihak, dimana dalam perjanjian tersebut menyatakan jika KB akan menuntaskan kasus yang dialami suami korban.

“Makanya saat itu juga, oknum KB kami antarkan ke pihak kepolisian karena ini sudah masuk ranah tindak pidana umum,” jelas Akmal.

Sementara untuk uang yang sudah diterima oknum LSM tersebut, secara etikat baik KB mengakui dan menunjukan kepada penyidik di Polres sejumlah Rp30 juta.

“Oknum LSM berinisial KB ini mengakui dan menunjukan uang sejumlah Rp30 juta dan sisanya ia ungkapkan masih dengan rekannya,” pungkasnya. (**)

Yuk bagikan berita ini...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.