Modus Ambil Uang di ATM, Ridwan dan Erik Gasak Dua Handphone Milik Nasabah

Ketiga pelaku saat diamankan

Laporan Haris Widodo

Palembang, Sumselupdate.com – Ridwan (24) dan Erik Setiawan (24) dua pelaku pencurian handphone nasabah bank di ATM BRI Jalan Srijaya Negara Kelurahan Bukit Lama Kecamatan IB I, Sabtu (24/10/2020) pukul 10.30 Wib, akhirnya berhasil diringkus.

Bacaan Lainnya

Kedua pelaku diamankan oleh unit 1 Subdit 1 Intelkam Polda Sumsel setelah kedapatan mengambil dua unit HP milik Alpiko (42) warga Jalan Putri Kembang dadar Kelurahan Bukit Lama Kecamatan Ilir Barat (IB) I saat tengah mengambil uang di TKP.

Diketahui korban saat itu sedang mengambil uang dan meletakkan dua unit HP merek OPPO dan Samsung J3 Pro-nya di dekat mesin ATM. Setelah mengambil uang ternyata kedua handphone miliknya tertinggal.

Saat itu tersangka Ridwan langsung mengambil handphone korban lalu oleh tersangka Ridwan HP Samsung J3 Pro diberikan kepada Erik Setiawan.

“Modus mereka ini, mengambil uang di ATM menggunakan kartu ATM orang lain. Saat pelaku Erik menarik uang, pelaku Ridwan melihat ada dua unit hp di dekat mesin ATM kemudian langsung diambil dan di simpan dibalik celana bagian belakang,” kata Kanit I Subdit I Direktorat intelkam Polda Sumsel Kompol Agus Marhabi, Senin(30/11/2020)

Lanjut, Erik menarik uang dari ATM, dan kedua pelaku pun keluar dari ATM. Beberapa hari kemudian Ridwan memberikan HP Samsung J3 Pro ke Erik.

“Ambilah HP ini , aku menemukan HP dan bukan maling,” kata Ridwan.

Ternyata HP pemberian Ridwan tidak digunakan oleh Erik namun dijualkannya ke Ari Novian (24) seharga Rp 300ribu. Selain mengamankan dua pelalu pencurian pihaknya juga mengamankan satu penadah yakni Ari Novian yang membeli HP Samsung J3 Pro.

“Kasus ini terungkap setelah kami melihat rekaman CCTV, dimana pelaku Ridwan ini mengambil dua unit HP milik korban namun tidak mau dikembalikannya bahkan satu unit HP diberikannya ke temannya sedangkan HP OPPO di jual Ridwan ke internasional Plaza (IP). Kami akan menyerahkan para pelaku ini ke Polsek IB I untuk ditindak lanjuti”katanya

Sementara itu, tersangka Ridwan (24) mengaku melihat Hp korban tinggal dan ia pun berencana untuk mengembalikannya ke korban.

“Satu hp itu ku kasihkan sama Erik. Aku ngomong dapat nemu HP itu. Lalu HP itu diambil Erik sedangkan OPPO aku yang mengambil dan aku jual ke IP seharga Rp 1,3 juta dan uangnya untuk memperbaiki motor,” katanya.

Atas tindakknya tersebut pelaku harus menginap di hotel prodeyo. Dan terjerat pasal 102 dengan ancaman hukuman 5 tahun penjara.(**)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.