Minggu Pertama Januari 2022, Sele Raya Belida Mulai Pengeboran Sumur SAS-1

Suasana sosialisasi rencana pengeboran sumur eksplorasi Sungai Anggur Selatan-1 (SAS-1) bersama Tripika Kecamatan Gelumbang di Kantor Camat Gelumbang pada Selasa (14/12/2021).

Laporan Syahrial Hadi

Muaraenim, Sumselupdate.com – Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) Sele Raya Belida didampingi SKK migas Sumbagsel melakukan sosialisasi rencana pengeboran sumur eksplorasi Sungai Anggur Selatan-1 (SAS-1) bersama Tripika Kecamatan Gelumbang.

Read More

Sosialisasi ini dihadiri langsung oleh KKKS Sele Raya Belida, Dani Yuliana, Kepala Departemen Operasional SKK Migas Sumbagsel, Bambang Dwi Djanuarto, Tripika Kecamatan Gelumbang di antaranya Camat Gelumbang, H Restu JK, SSos, MSi, Kapolsek Gelumbang, AKP Morris Widhi Harto, SIK, Danramil 404-01/Gelumbang, Kapten Arh Mardin, SE, Pj Kepala Desa Melilian, Dedi Suyanto, SSos, tokoh masyarakat Desa Melilian, Jaya Wardana, dan Ali Sai’in.

Sosialisasi rencana pengeboran SAS-1 ini juga dihadiri Pemerintah Desa Melilian dan tokoh masyarakat Desa Melilian di Kantor Camat Gelumbang pada Selasa (14/12/2021).

Dalam sosialisasi tersebut, pejabat KKKS Sele Raya Belida sudah berkoordinasi dengan Tripika Kecamatan Gelumbang dan Pj Kepala Desa Melilian tentang akan mengadakan kegiatan pengeboran sumur eksplorasi Sungai Anggur Selatan-1(SAS-1) yang direncanakan digelar pada Minggu pertama bulan Januari 2022.

Suasana sosialisasi rencana pengeboran sumur eksplorasi Sungai Anggur Selatan-1 (SAS-1) bersama Tripika Kecamatan Gelumbang di Kantor Camat Gelumbang pada Selasa (14/12/2021).

Adapun lokasi pengeboran berada di wilayah perbatasan antara Desa Melilian, Kecamatan Gelumbang dengan Desa Tapus, Kecamatan Lembak, Kabupaten Muaraenim, Sumatera Selatan.

Dalam kesempatan tersebut, Camat Gelumbang, H Restu JK, SSos, MSi siap mendukung kegiatan pengeboran nanti.

Restu mengucapkan terima kasih atas kehadiran KKKS Sele Raya Belida di wilayah Kecamatan Gelumbang, karena bisa merasakan dampak positif terutama bagi masyarakat yang berada di wilayah ring-1.

Namun Camat Gelumbang ini meminta agar sebelum melakukan pengeboran, semua izin sudah diurus, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan di kemudian hari.

Pada kesempatan itu, Restu berpesan agar Sele Raya Belida dapat memperdayagunakan tenaga non skill dari masyarakat di wilayah ring-1.

Senada dikatakan Kapolsek Gelumbang, AKP Morris Widhi Harto, SIK yang meminta Sele Raya Belida mempekerjakan masyarakat di wilayah sekitar dan harus meminimalisir dampak lingkungan dari kegiatan pengeboran nanti.

Kepala Departemen Operasional SKK Migas Sumbagsel, Bambang Dwi Djanuarto mengatakan jika pengeboran Sele Raya Belida merupakan kegiatan pemerintahan.

Maka dari itu, dia meminta Tripika Kecamatan Gelumbang dan Kepala Desa Melilian yang mewakili masyarakat, agar mendukung kegiatan pengeboran ini nanti.

Sementara itu, Pj Kepala Desa Melilian, Dedi Suyanto menitipkan pesan agar KKKS Sele Raya Belida, selain mempekerjakan masyarakatnya, juga dapat memperbaiki jalan serta bangunan jika nanti mengalami kerusakan akibat aktivitas pengeboran Sele Raya Belida.

Dedi Suyanto berharap Sele Raya Belida dapat menyalurkan Corporate social Responsibility (CSR) kepada warga yang berada di wilayah ring-1 yakni Desa Melilian dan akses jalan milik Sele Raya Belida nanti bisa digunakan masyarakat desa setempat untuk kegiatan sehari-hari.

Berkaitan hal tersebut, Dani Yuliana perwakilan Sele Raya Belida mengatakan, pihaknya akan melibatkan masyarakat ring-1 untuk dijadikan tenaga kerja non skill.

Suasana sosialisasi rencana pengeboran sumur eksplorasi Sungai Anggur Selatan-1 (SAS-1) bersama Tripika Kecamatan Gelumbang di Kantor Camat Gelumbang pada Selasa (14/12/2021).

Di samping itu,  pada saat kegiatan pengeboran sumur Sungai Anggur Selatan-1 nanti, KKKS Sele Raya Belida akan memperhatikan dan mengantisipasi setiap dampak negatif akibat kegiatan pengeboran nanti.

Dani mengatakan, Sele Raya Belida berusaha untuk selalu berkontribusi dalam setiap permohonan bantuan yang disampaikan desa.

“Tentunya dalam bentuk proposal-proposal dan sesuai kemampuan perusahaan. Sele Raya Belida secara internal akan berkomunikasi perihal permintaan masyarakat untuk penambalan jalan yang rusak di ruas jalan Desa Melilian-Pedataran Kecamatan Gelumbang Kabupaten Muaraenim, dan nantinya akses jalan yang dibangun dan milik Sele Raya Belida dapat dipergunakan oleh masyarakat desa setempat untuk kegiatan sehari-hari,” katanya. (**)

Yuk bagikan berita ini...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.