Meski Minim Anggaran, UTD PMI OKU Kini Berstandar Nasional dan Jadi Rujukan di Sumsel

(doc PMI)

Baturaja, Sumselupdate.com – Unit Transfusi Darah UTD (PMI) Kabupaten OKU terus berbenah. Salah satu UTD yang sudah mandiri di Provinsi Sumsel dibawah binaan Ketua PMI Drs Kuryana Azis ini diketahui telah menjadi rujukan kabupaten/kota di wilayah Sumsel.

“Benar, kita sudah jadi rujukan, ini dibuktikan beberapa waktu lalu PMI Prabumulih berkunjung ke sini untuk belajar dan menggali informasi terkait UTD,” ujar Kepala UTD PMI OKU dr Doddy Numirsyah SP B melalui Pengurus PMI Yunizir Djakfar SSos didampingi Kabag Pelayanan Dedi Arisandi AP TTD, Kamis (21/12/2017).

Bacaan Lainnya

Kenapa jadi rujukan?, Yunizir mengungkapkan artinya pengelolaan UTD ini terbilang baik ditengah keterbatasan yang ada termasuk minimnya anggaran untuk pengelolaan UTD kemanusiaan tersebut.

“Mereka kagum ditengah minimnya dana tapi bisa berdiri bahkan memenuhi standar nasional untuk alat yang ada,” ucap Yunizir.

Terkait hal itulah kata dia,  pihaknya mensiasati dengan melibatkan pihak ketiga atau CSO untuk menunjang peralatan transfusi darah yang semua berstandar nasional.

“Baru-baru ini kita mendatangkan NTC produk Jerman, Alhamdulillah sangat membantu kinerja kami dan alat itu diberi pihak CSO sebab jika beli sendiri tidak mungkin apalagi ditengah keterbatasan anggaran,” tambah Dedi.

Bahkan lebih dari itu dalam waktu dekat ini pihaknya mengungkapkan akan lagi kedatangan tamu dari dua kabupaten tetangga OKUS dan OKUT guna bertukar informasi sekaligus rujukan pengelolaan UTD tersebut.

Lebih jauh kata mereka, UTD PMI OKU setiap bulan wajib memenuhi 400 kantung darah untuk wilayah OKU dan untuk memenuhi semua itu, pihaknya juga mengandeng pendonor aktif seperti pihak perusahaan PTSB, Talisman, Lanut Waytuba, Polres OKU, KPPN.

“Sekitar 50 persen lah terpenuhui dari target jumlah per bulan, sisanya masyarakat umum yang memberi,” pungkasnya. (wid)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.