Menguntungkan, Bisnis Kolam Pemancingan Layak Dikembangkan di OKU Timur

Martapura, Sumselupdate.com – Kondisi geografis dan cukupnya ketersediaan air di Kabupaten OKU Timur sangat mendukung untuk bisnis kolam pemancingan. Pada saat yang sama, besarnya minat warga yang hobi mancing di tengah masih terbatasnya jumlah kolam pemancingan membuat bisnis ini semakin menarik untuk ditekuni.

Menurut salah satu pegiat bisnis kolam pemancingan, Miftahudin Makbul, saat ini jumlah kolam pemancingan di OKU Timur masih terbilang sedikit.

Bacaan Lainnya

“Jumlah kolam pemancingan harian baru sekitar 10 kolam. Sedangkan jumlah kolam pemancingan Galatama (ikan yang didapat dilepas kembali) tidak banyak atau lebih sedikit dari kolam pemancingan harian”, ujar pemilik Kolam Pemancingan Kang Mifta di Desa Marga Cinta, Kecamatan Belitang Madang Raya ini kepada sumselupdate.com, Minggu (9/12/2018).

Miftahudin menambahkan, pehobi mancing di daerah ini sebenarnya cukup banyak. Ini setidaknya terlihat dari pengunjung kolam pemancingannya yang rata-rata mencapai 25 orang per hari. Bahkan pada acara lomba jumlahnya bisa melonjak hingga 40 orang.

“Di sini sehari rata-rata habis 15 kg ikan untuk satu kolam pemancingan atau sekitar 450 kg ikan per bulan. Bobot ikan yang ditabur 5 ons ke atas dan pasokannya dari Lampung”, jelas pria yang juga berprofesi sebagai guru di MAN 1 Gumawang ini.

Miftahudin memulai usaha ini sejak Juni 2018. Dengan modal 15 juta ia membangun kolam yang ada di samping rumahnya menjadi kolam pemancingan. Dengan memberlakukan tiket 20 ribu per orang sekali siraman, dia mengaku mendapat penghasilan bersih 3,6 juta per bulan.

Lantas, apa kendala yang ditemui dalam bisnis ini? “Kendalanya hanya air terutama saat irigasi macet dan pasokan ikan yang masih tergantung pada stok dari Provinsi Lampung,” imbuhnya.

Pasokan ikan yang dimaksudnya yakni ikan emas. Ikan ini ternyata lebih diminati oleh pemancing  dari pada ikan lele atau patin.

Salah satu caleg DPRD Provinsi Sumatera Selatan dari Dapil 4 (OKU Timur) yang berkesempatan mengunjungi kolam pemancingan ini, Solehun M. Pd mengatakan, dirinya sangat mengapresiasi generasi muda yang memiliki jiwa wirausaha karena ini dapat membuka peluang kerja baru.

“Apa yang telah dilakukan Kang Mifta melalui usaha kolam pemancingannya adalah contoh positif dari seorang anak muda entrepreneurship. Kita mesti dorong dan fasilitasi agar lebih banyak lagi anak muda yang mampu menciptakan peluang usaha sesuai potensi lokal yang ada di sekitarnya,” tegas caleg nomor urut 2 dari Partai Gerindra ini.

Dia menambahkan, potensi OKU Timur yang kaya akan sumber daya air dan perikanan ini sangat tepat jika diarahkan pada pengembangan kegiatan bisnis perikanan seperti kolam pemancingan atau bisnis lain dengan core air dan perikanan. Kegiatan seperti ini, lanjutnya, akan memiliki multiplyer effect yang akan mensejahterakan rakyat.

“Seperti persoalan stok ikan emas untuk kolam pemancingan yang masih terbatas dan masih harus didatangkan dari daerah lain, ini tentu dapat menjadi peluang bagi petani di OKU Timur untuk mampu membudidayakan ikan emas sampai besar. Pemerintah tentu harus turut hadir agar bisnis yang berbasis ekonomi kerakyatan ini dapat berkembang dan berbagai kendala yang dihadapi dapat teratasi”, pungkasnya. (shn)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.