Mendikbud: Pejabat Pendidikan Harus Mampu Berkolaborasi

Kamis, 25 Februari 2016
Mendikbud Anies Baswedan Pada Acara Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan 2016 (foto: Antara)
Depok, Sumselupdate.com – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan mennyebut ada empat tingkatan pelibatan publik dalam pendidikan, yaitu sosialisasi, konsultasi, kerja sama, dan kolaborasi. Dia pun mengajak para peserta Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan (RNPK) 2016 yang pada umumnya pejabat di dunia pendidikan untuk meningkatkan pelibatan publik hingga fase kolaborasi.

“Diharapkan, yang hadir di forum ini (RNPK 2016) tak lebih dari sosialisasi dan kerja sama, tapi hadir untuk level kolaborasi sehingga dahsyat manfaatnya,” ujar Anies saat acara penutupan RNPK 2016 di Bojongsari, Depok, Jawa Barat, Selasa (23/2/2016).

Anes menjelaskan, pada pelibatan publik di tahap kolaborasi, pemerintah dan para pemangku kepentingan di bidang pendidikan dan kebudayaan bisa mengambil keputusan bersama-sama. Pengambilan keputusan yang melibatkan publik, sebutnya, dapat meningkatkan kredibilitas, baik kredibilitas keputusan maupun kredibilitas pengambil keputusan.

“Kita bisa menciptakan alternatif solusi atas semua permasalahan yang kompleks,” tutur Anies.

Anies pun mengingatkan, ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dari pelibatan publik. Antara lain mendukung penyusunan kebijakan dengan informasi yang lebih lengkap, mutu lebih baik, sehingga penerimaan publik lebih luas dan langgeng. Juga dapat memperkuat institusi demokratis dan mengurangi sinisme, lalu dapat menghindari dan meminimalkan dampak negatif dari pengambilan keputusan.

Dalam kesempatan ini Mendikbud juga menekankan bahwa yang dimaksud dengan publik bukanlah semata-mata LSM (Lembaga Swadaya Masyarakat). Lebih luas dari itu, katanya, bisa individu, orang tua, sekolah, masyarakat, perusahaan, atau akademisi.

Ia pun berharap, para peserta dapat melakukan refleksi atas penyelenggaraan RNPK 2016 saat kembali ke daerahnya masing-masing. Kegiatan refleksi itu, imbuhnya, juga harus disertai proyeksi langkah-langkah ke depan untuk menindaklanjuti hasil yang disepakati dalam sidang-sidang komisi di RNPK. (shn)

Bantu Kami untuk Berkembang

Mari kita tumbuh bersama! Donasi Anda membantu kami menghadirkan konten yang lebih baik dan berkelanjutan. Scan QRIS untuk berdonasi sekarang!


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.