Maung: Mobil Jip Buatan Indonesia yang Mengusung Kebersamaan Jokowi-Prabowo

Minggu, 9 Juli 2023
Prabowo pamer foto naik mobil jip Maung bareng Presiden Jokowi saat berpidato di acara konsolidasi akbar pengurus Gerindra Tangerang Raya di Lapangan Ahmad Yani, Kota Tangerang, Banten, Minggu (9/7/2023). (Suara.com/Novian)

Jakarta, Sumselupdate.com — Prabowo Subianto, Ketua Umum Partai Gerindra sekaligus Menteri Pertahanan RI, dengan bangga menunjukkan foto yang menunjukkan kedekatannya dengan Presiden RI Joko Widodo, atau Jokowi, saat mereka mengendarai Maung, sebuah mobil buatan dalam negeri.

Dikutip dari Suara.com, foto tersebut ditampilkan di layar besar ketika Prabowo memberikan pidato di hadapan 10 ribu simpatisan saat acara konsolidasi akbar pengurus Gerindra Tangerang Raya di Lapangan Ahmad Yani, Kota Tangerang, Banten.

Prabowo sedang membahas tentang produksi massal Maung ketika foto bersama Jokowi itu ditampilkan.

Prabowo menyampaikan bahwa Indonesia ingin memiliki pabrik manufaktur di dalam negeri sehingga tidak hanya membeli mobil, tetapi juga memproduksinya sendiri.

Advertisements

Setelah itu, Prabowo menyinggung tentang mobil buatan dalam negeri, yaitu Maung.

“Alhamdulillah, insyaallah bulan Oktober produksi massal daripada jip pertama buatan Indonesia yang diberi nama oleh Presiden Jokowi, diberi nama Maung,” kata Prabowo dalam pidatonya, Minggu (9/7/2023).

Prabowo menceritakan bagaimana Jokowi memilih nama Maung sebagai nama untuk mobil jip pertama buatan Indonesia.

“Saya beri daftar nama kepada beliau, saya beri kalau nggak salah luma nama. Yang beliau tunjuk langsung Maung. Nama-nama itu ada yang terlalu panjang menurut beliau. Beliau adalah mantan pengusaha, kalau saya mantan tentara, jadi kalau branding-branding gak terlalu ngerti,” tuturnya.

Jokowi menginginkan nama yang sederhana untuk mobil jip pertama buatan bangsa. Terlebih lagi, mobil jip tersebut diproduksi di Jawa Barat, sehingga Jokowi memilih nama Maung yang dianggap paling cocok.

“Beliau bilang, ‘menhan kalau nama itu sederhana saja, yang ini lebih kuat, Maung artinya harimau, macan’, maung Siliwangi saudara-saudara sekalian karena pabriknya ada di Jabar,” kata Prabowo.

“Karena nanti mungkin ada turunan-turunan kendaraan versi kesatu, kedua, ketiga, keempat, kita ambil dari Jateng, Sulawesi, dan lain-lain. Indonesia harus punya industri mobil, merek mobil sendiri yang dibuat oleh putra putri Indonesia saudara-saudara,” sambungnya.(src)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.