Masyarakat Desa Gelumbang Lahat Gotong Royong Tebas Bayang

Salah satu warga saat membersihkan badan jalan

Laporan : A Putra

Lahat, Sumselupdate.com – Budaya gotong royong masih dijunjung tinggi masyarakat di Desa Gelumbang, Kecamatan Kikim Timur bersama dengan unsur lembaga Desa, tokoh masyarakat dan seluruh perangkat mengadakan gotong royong bersama yang dipusatkan di tiga titik lokasi.

Bacaan Lainnya

Kepala Desa (Kades) Gelumbang Depi Aprianto kepada wartawan mengatakan, Pemdes, BPD, Unsur Lembaga Desa dan tokoh masyarakat Desa bergotong royong melakukan tebas bayang pinggir jalan, pembukaan badan jalan usaha tani menuju Sungai Resek dan pembersihan lahan yang direncanakan lokasi kebun PKK dan TPU.

“Hari ini (Minggu) ada kita pusatkan tiga lokasi titik gotong royong tak ni tebas bayang, pembukaan badan jalan usaha tani dan pembersihan lahan PKK dan TPU,” ungkap Kades, Minggu (12/06/2022).

Masih dikatakan Depi Aprianto, untuk dititik pertama yakni tebas bayang pinggir jalan dipimpin langsung oleh dirinya dan beberapa perangkat desa serta unsur lembaga lainnya diantaranya anggota LPM.

“Penebasan bayang pinggir jalan lintas desa sangatlah penting demi mengurangi angka kecelakaan pengguna jalan terutama anak-anak sekolah, mengingat setiap hari banyak sekali anak sekolah yang lalu lalang pulang pergi ke sekolah sedangkan kondisi jalan sudah menyempit karena tertutup rerumputan,” urai Kades.

Di tempat lain lebih lanjut Depi menyampaikan, dipimpin oleh Ketua BPD Edi Susanto dan Puadi selalu Kasi Pembangunan Desa Gelumbang.

“Kegiatan tersebut lanjutan pembangunan jalan usaha tani menuju lahan perladangan dan untuk memperlancar pengangkutan hasil pertanian,” ujarnya.

Ditambahkan Depi, untuk lokasi dititik ketiga dipimpin oleh Tokoh Masyarakat Desa Awalsin dan diikuti oleh Lembaga ada dan unsur Lembaga lainnya.

“Memang kegiatan pembersihan lahan ini direncanakan peruntukannya di antara lain jangka pendek lokasi penanaman sayuran kebun PKK Desa dan program ketahanan pangan,” katanya.

Ditambah untuk jangka panjang masih dilontarkan Depi, program jangka panjang akan ditanami pohon kelapa sawit yang nantinya dapat membantu pembiayaan desa.

“Hasil dari ke apa sawit juga untuk masjid dan keperluan karang taruna serta dapat dijadikan tempat pemakaman umum Desa Gelumbang,” bebernya.

Di tempat sama, mantan kepala Desa Gelumbang Jumadil Kubro mendukung atas program yang direncanakan Pemdes Gelumbang.

“Saya berharap semoga antara Pemdes dan BPD akan selalu tetap bersinergi terus seperti ini bersama memajukan desa Gelumbang hingga dapat mewujudkan Desa Gelumbang maju jaya dan bermartabat,” pungkasnya. (**)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.