Martabatkan Bahasa Indonesia, 74 Orang dari Berbagai Instansi Ikuti Tes UKBI 

Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI) yang diselenggarakan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi bekerjasama dengan Balai Bahasa Provinsi Sumsel.

Laporan: Henny Primasari

Palembang, Sumselupdate.com – Guna memuliakan dan memartabatkan Bahasa Indonesia, sedikitnya 74orang dari berbagai instansi se-Sumsel mengikuti tes Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI) yang diselenggarakan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi bekerjasama dengan Balai Bahasa Provinsi Sumsel. Kegiatan dilaksanakan selama dua hari, yakni Rabu-Kamis (23-24 Juni 2021) di Palembang.

Peserta kegiatan terdiri dari dosen berbagai universitas baik negeri maupun swasta, pewarta, pengurus Dewan Kesenian Palembang, ASN dari Disdik se-Sumsel.

Kegiatan tersebut bertajuk Koordinasi Desiminasi Pembinaan Kemahiran Berbahasa Indonesia Bagi Pemangku Kepentingan, berlangsung di Hotel Emilia.

Kepala Pusat Pembinaan Bahasa dan Satra Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Abdul Khak berharap kegiatan tersebut dapat memuliakan memartabatkan Bahasa Indonesia melalui uji kompetensi berbahasa.

“Meningkatkan kemahiran berbicara, kemahiran menulis, membaca, mendengarkan. Karena semua kegiatan dimulai dari bahasa. Jadi mari martabatkan Bahasa Indonesia, lestarikan bahasa daerah dan kuasai bahasa asing,” ujar Abdul Khak.

Kepala Balai Bahasa Provinsi Sumsel Umar Solikhan, MHum, didampingi Ketua Pelaksana Fendi, Panitia Kegiatan Mulawarman dan Evi Siawanti mengatakan tujuan kegiatan tersebut untuk melakukan koordinasi diseminasi pembinaan kemahiran Berbahasa Indonesia bagi pemangku kepentingan, sekaligus sosialisasi UKBI.

“Alhamdulillah peserta antusias mengikuti UKBI. Yang jelas tugas kita bersama untuk memartabatkan Bahasa Indonesia. Jadi gunakanlah Bahasa Indonesia dengan baik dan benar, lestarikan bahasa daerah dan kuasai bahasa asing,” jelasnya. (**)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.