Lomba IVA Test: Tingkatkan Pemeriksaan Dini Kanker Serviks Pada Perempuan

Lomba IVA Test

Laporan : A. Putra

Lahat, Sumselupdate.com – Kecamatan Kota Agung Kabupaten Lahat, menjadi perwakilan Puskesmas di Kabupaten Lahat yang mengikuti lomba IVA Test tingkat Provinsi Sumsel.

Read More

Kepala Puskesmas Kota Agung dr Ratna Tiurlan mengatakan, Kecamatan Kota Agung berhasil masuk nominasi se Kabupaten Lahat karena kesiapan mereka dalam pelaksanaan IVA Test ini.

*Meski terletak di pelosok Kabupaten Lahat, kita mampu menunjukkan bahwa kita bisa. Akhirnya Kecamatan Kota Agung yang terpilih,” kata dia, Minggu (17/10/2021).

Tiur menambahkan, perlombaan itu bukan tanpa alasan, hal itu merupakan langkah u tuk mendeteksi dini kanker serviks pada wanita.

“Jadi selain bernilai lomba juga bermanfaat bagi kesehatan wanita, melalui IVA Test akan ketahuan sejak dini, apakah wanita ada kanker serviksnya atau tidak. IVA Test di Kota Agung inilah, yang membuat kita dapat go provinsi,” tutur dia.

Sementara itu, Camat Kota Agung Marsi SE MM menuturkan, perlombaan ini juga merupakan bagian dari TP PKK Kecamatan Kota Agung, TP PKK Kabupaten Lahat, karena yang datang merupakan tim penilai dari Provinsi Sumsel langsung.

“TP PKK juga terlibat, karena untuk menggerakkan kaum perempuan itu perlu organisasi perempuan juga. Namun pemerintah pada dasarnya mendukung penuh, sebab dibalik perlombaan, ada kesehatan yang sangat penting,” pungkasnya. (**)

Yuk bagikan berita ini...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.