Lomba Gerak Jalan Jadi Berkah Bagi Pedagang Kecil PALI

Puluhan pedagang berjualan di dekat Panggung Kehormatan.

PALI, Sumselupdate.com – Panas terik matahari tidak menghalangi semangat pedagang kecil untuk mengais rezeki pada gelaran Lomba Gerak Jalan yang digelar Pemerintah Kabupaten PALI, melalui Dinas Pendidikan.

Tak ayal, dari event tersebut menuai cerita manis dari puluhan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Bumi Serepat Serasan, Selasa (9/8/2022).

Read More

Pasalnya, para pelaku UMKM mulai dari Pedagang Kaki Lima (PKL), baik yang menjajakan makanan dan minuman dingin hingga warung makan laris manis dibeli ribuan warga yang menonton lomba gerak jalan.

“Alhamdulillah, hari ini berkah. Keuntungan yang kami dapat dua kali lipat dari biasanya,” ujar Jefri, salah satu penjual minuman dingin yang mangkal di dekat panggung kehormatan depan Mako Brimob PALI.

Ia juga mengaku sangat bersyukur karena, pada tahun ini sudah bisa menggelar kegiatan keramaian seperti lomba gerak jalan dan lainnya.

“Lomba gerak jalan ini salahsatu kegiatan rutinitas yang digelar di kabupaten PALI, dalam rangka memeriahkan HUT RI. Sudah 2 tahun tidak digelar, tentu kami sudah sangat rindu kegiatan keramaian seperti ini,” tambahnya.

Senada diungkapkan oleh Nurlela, pedagang sarapan pagi yang membuka kedai di Gang Masjid. Pada hari ini, dirinya tidak sempat lagi menjual sarapan pagi karena sudah melayani pemesanan dari sehari sebelumnya.

“Alhamdulillah, nasi uduk hingga kue jajanan pasar semua habis dibeli oleh salahsatu sekolah yang menjadi peserta lomba gerak jalan. Tentu kami sangat bersyukur,” tutup ibu tiga orang anak ini.

Sebelumnya, 209 peserta dari berbagai sekolah dan instansi yang ada di kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) mengikuti lomba gerak jalan yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten PALI melalui Dinas Pendidikan, Selasa (9/8/2022).

Kegiatan yang dibuka secara langsung oleh Bupati PALI, DR. Ir. H. Heri Amalindo, MM turut dihadiri pula Forkopimda, seperti Kepala Kejaksaan Negeri, Kapolres, Danramil Talang Ubi, serta kepala OPD di lingkungan Pemkab PALI.

“Alhamdulillah, tahun ini bisa dilaksanakan kegiatan ini. Tentunya kegiatan ini selain memompa kreatifitas anak-anak juga sebagai sarana hiburan bagi masyarakat,” ujar Bupati PALI dalam sambutannya.

Dalam mengikuti lomba baris berbaris Bupati berpesan kepada semua peserta dan masyarakat tetap jaga protokol kesehatan.

“Meski kasus Covid-19 dinyatakan menurun, tetapi pandemi belum berakhir. Untuk itu kami mengingatkan agar tetap patuhi protokol kesehatan saat ikuti dan menyaksikan lomba ini agar kita terhindar dari penyebaran virus corona,” tukasnya.

Sementara itu, Madsudi Plt Kepala Dinas Pendidikan kabupaten PALI menyebut bahwa selain lomba baris berbaris, pihaknya menggelar karnaval yang dilaksanakan tanggal 18 Agustus mendatang.

“Kegiatan ini dalam rangka memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke-77. Peserta berjumlah 209 tim dari berbagai sekolah tingkat SD hingga SMA dan umum. Dalam lomba gerak jalan tidak kami libatkan anak PAUD atau TK karena rutenya cukup jauh,” terang Madsudi. (ans)

Yuk bagikan berita ini...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.