Lewat Program JKN-KIS 6 ribu Lebih Warga Miskin di OKU Bakal Dapat Layanan Kesehatan

Baturaja, Sumselupdate.com – Sebanyak 6.739 orang di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) dijamin kesehatanya oleh pemerintah melalui JKN-KIS. Dengan adanya program ini masyarakat miskin di daerah berjuluk Bumi Sebimbing Sekundang yang terdata dapat berobat gratis di rumah sakit pemerintah.

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) OKU Saiful Kamal mengatakan bahwa telah diinstruksikan beberapa hal, pertama memastikan bahwa masyarakat di wilayah terdaftar dalam program JKN-KIS dan membebaskan biaya pelayanan kesehatan.

Bacaan Lainnya

“Selain itu dalam surat itu juga diterangkan, bagi masyarakat miskin dan tidak mampu yang memerlukan pelayanan gawat darurat di RS, namun belum mendaftar sebagai peserta JKN-KIS menjadi tanggung jawab pemerintah dengan rekomendasi Dinsos,” katanya, Rabu (2/1/2019).

“Selain itu juga diterangkan dana transisi dari bantuan Gubernur Sumsel dialihkan untuk ditambah ke kuota peserta penerima bantuan iuran APBD Sumsel,” dirinya melanjutkan.

Untuk wilayah OKU, kata Saiful Kamal, ada 6.739 warga mendapat jaminan kesehatan dari perintah atau Jamkesda.

Data diambil dari Basic Data Terpadu (BDT) di dalam itu sudah ada data Program Keluarga Harapan (PKH) dan Program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT). Dari itu diverifikasi lagi sesuai dengan 40 variabel. Maka didapatkan 6.739 orang penerima jaminan kesehatan.

“Untuk sementara jumlah itu yang akan dapat jaminan kesehatan dan mendapatkan  kartu jaminan kesehatan atau KIS. Kartu KIS nya masih dalam proses. Untuk dana yang digunakan jaminan kesehatan ini menggunakan dana sering APBN dan APBD OKU,” ucapnya. (wid)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.