Lapangan Kerja Terbatas, Fadel Muhammad Ajak Warga Jadi Pengusaha

Penulis: - Senin, 5 Februari 2024
Wakil Ketua MPR RI Fadel Muhammad menghadiri acara Sosialisasi Empat Pilar yang diikuti ratusan warga di Balai Desa Longalo, Kecamatan Bulango Utara, Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo, Minggu (4/2/2024).

Gorontalo, Sumselupdate.com – Wakil Ketua MPR RI Fadel Muhammad menghadiri acara Sosialisasi Empat Pilar yang diikuti ratusan warga  di Balai Desa Longalo, Kecamatan Bulango Utara, Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo, Minggu (4/2/2024).

Sosialisasi terlaksana berkat kerja sama dengan Ikatan Pemuda Sulawesi Selatan (IPSS) Provinsi Gorontalo.

Kehadiran H Fadel Muhammad, pimpinan MPR dari Kelompok DPD tersebut disambut  Kepala Desa Longalo, Irwan Wumu dan Ketua IPSS, Andi Nurazizah Al Zamzami.

Di awal sosialisasi, Fadel Muhammad mengatakan,  merasa senang bisa berkunjung ke desa yang memiliki banyak ladang jagung.

Advertisements

Desa dan kecamatan yang dikunjungi  sudah diperhatikan semenjak dia menjadi gubernur di provinsi itu.

“Sejak  tahun 2001, saya sudah perhatikan daerah ini. Sekarang banyak perkembangan,” tutur Fadel.

Dikatakan, saat Pemilu untuk memilih anggota DPD  tahun 2019, dia  mendapat suara hampir 100 persen di Bulango Utara.

“Untuk itu, dalam kesempatan ini mengucapkan terima kasih,” paparnya. Diharapkan masyarakat di sana tetap mendukung dan mendoakan di masa-masa akan datang.

Kepada peserta sosialisasi dijelaskan, salah satu tugas MPR  melakukan Sosialisasi Empat Pilar. MPR ingin bangsa Indonesia solid, utuh, dan terus membangun.

“Kita ingin mempertahankan bangsa Indonesia dengan empat pilar,” tegasnya.

Dalam sosialisasi yang dihadiri banyak pemuda,  Politisi Partai Golkar itu ingin peran pemuda ke depan semakin besar dibarengi dengan pemahaman Empat Pilar. Hal demikian penting sebab tantangan pemuda ke depan semakin rumit.

Setelah lulus kuliah, pemuda pasti ingin mengabdi di tengah masyarakat namun lapangan kerja  terbatas.

Fadel berharap agar pemuda berwirausaha atau menjadi pengusaha. Menjadi pengusaha tidak perlu berskala besar yang penting usahanya jalan dan bisa menghidupi diri sendiri dan keluarga. “Inilah yang kita harapkan dari pemuda ke depan,” tegasnya.

Menjadi wirausahawan atau pengusaha disebut semakin terbuka sebab salah satu bank milik pemerintah siap memberikan pinjaman dengan bunga bank rendah.

Dalam sosialisasi, Fadel Muhammad mendapat curhat dari kepala desa tentang banyaknya tantangan hidup petani di sana.

Disebut jumlah penduduk di sana, 90 persen  sebagai petani. Bila ada El Nino, hasil pertanian mereka rusak. Tidak hanya itu, petani juga mengalami kekurangan benih.

Menanggapi itu, dia membandingkan saat menjadi Gubernur Gorontalo.

“Dulu saya kirim benih dari Jawa ke Gorontalo. Pertanian harus menjadi tulang punggung kehidupan masyarakat. Jangan tinggalkan sektor pertanian,” tegasnya.

Dia berkomitmen  terus memperhatikan desa dan kecamatan di provinsi itu. “Ke depan kita dorong menjadi lebih maju,” paparnya.

Dia juga berpesan agar pelaksanaan pemilu  bisa berjalan damai, aman, dan tetap adem. “Jangan mengikuti orang-orang yang suka bikin ribut nanti bikin repot saja,” tambahnya. (**)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.